Ibu Kota Baru

Konsep Desain Ibu Kota Baru tak Harus Dekat Pantai, Apakah Lokasi Bukit Soeharto atau Gunung Mas?

Rencana pemindahan ibu kota Indonesia terus dimatangkan. Presiden Joko Widodo sempat kunjungi Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Konsep Desain Ibu Kota Baru tak Harus Dekat Pantai, Apakah Lokasi Bukit Soeharto atau Gunung Mas?
Kompas/Agus Susanto
WAJAH JAKARTA TERKINI - Kawasan jalan inspeksi bantaran Kali Ciliwung yang membelah Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur dan Bukit Duri, Jakarta Selatan, Senin (22/1/2019). Sedikitnya ada 13 aliran sungai yang mengalir di Jakarta, dan Ciliwung adalah yang terbesar. Semakin padatnya hunian di bantaran kali menjadi pekerjaan rumah dalam penataan sungai dalam mengatasi banjir. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Usulan mengenai pemindahan ibu kota Indonesia bukan lagi isapan jempol. Saat ini, sebagai tindak lanjut pemerintahan Jokowi pun akan melakukan langkah taktis. 

Satu di antaranya melalui Kementerian PUPR, yang kabarnya sudaj siapkan konsep desain. 

Lalu seperti apa desain yang akan diterapkan di lokasi Ibu Kota Baru. 

Terkait rencana pembangunan Ibu Kota Baru pemerintahan Indonesia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau Kementrian PUPR, telah menyiapkan rancangan tata kota kawasan Ibu Kota Baru.

"Kalau studi kajian sudah sama Bappenas, tapi kalau studi konsep desainnya kami sudah siap," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono ditemui di komplek Istana Kepresidenan Jakarta, seperti dilansir Antara, Senin (6/5/2019).

Basuki menjelaskan rancangan itu telah menyiapkan sejumlah konsep bangunan.

Mulai dari istana kepresidenan, lokasi kantor-kantor pemerintahan, hingga perumahan dinas dan perumahan komersil.

TINJAU TAHURA - Presiden RI Joko Widodo yang didampingi Sejumlah Menteri, Pejabat Pemprov dan Bupati Kukar  melihat peta lokasi Tahura Bukit Soeharto di titik KM 35 Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Selasa (7/5/2019). Kedatangan Presiden Joko Widodo beserta rombongan untuk melihat lahan yang ditawarkan Pemprov Kalimantan Timur sebagai lokasi Ibu Kota Baru Indonesia.
TINJAU TAHURA - Presiden RI Joko Widodo yang didampingi Sejumlah Menteri, Pejabat Pemprov dan Bupati Kukar melihat peta lokasi Tahura Bukit Soeharto di titik KM 35 Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Selasa (7/5/2019). Kedatangan Presiden Joko Widodo beserta rombongan untuk melihat lahan yang ditawarkan Pemprov Kalimantan Timur sebagai lokasi Ibu Kota Baru Indonesia. (TribunKaltim.co/Fachmi Rahman)

Dia menambahkan posisi Ibu Kota Baru Indonesia, tidak harus berada di dekat pantai, namun memiliki akses ke garis pantai.

Menteri PU menjelaskan begitu ada keputusan daerah mana yang akan dibangun sebagai ibu kota baru pemerintahan.

Maka kementeriannya hanya tinggal mengeksekusi rancangan tata kota yang telah disiapkan.

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved