Panitia Pemilihan Wakil Bupati Paser Terbentuk, SK Pemberhentian HM Mardikansyah Sudah Diterima

Wakil Ketua DPRD Paser H Abdul Latif Thaha sempat menyinggung siapa figur Pengganti Antar Waktu (PAW) Wakil Bupati Paser sisa masa jabatan 2016-2021.

Panitia Pemilihan Wakil Bupati Paser Terbentuk, SK Pemberhentian HM Mardikansyah Sudah Diterima
sarassani/ tribun kaltim
Almarhum Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Saat DPRD Kabupaten Paser menggelar acara buka puasa bersama, Senin (20/5/2019), Wakil Ketua DPRD Paser H Abdul Latif Thaha sempat menyinggung siapa figur Pengganti Antar Waktu (PAW) Wakil Bupati Paser sisa masa jabatan 2016-2021.

Sampai sejauh mana prosesnya? Pasalnya, tanggal 4 Maret 2019 DPRD Paser menggelar Rapat Paripurna Pengumuman Pemberhentian Dengan Hormat Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah, dikarenakan yang bersangkutan meninggal dunia karena sakit pada 30 Januari 2019.

Hasil rapat itu dibawa ke Kemendagri untuk mendapatkan SK pemberhentian HM Mardikansyah sebagai Wakil Bupati Paser.

Apakah SK pemberhentian itu sudah diterima DPRD Paser? Karena tanpa SK itu, DPRD Paser tidak bisa melanjutkan proses PAW Wakil Bupati Paser.

Hal itu seperti dibenarkan Sekretaris DPRD (Sekwan) Paser Amiruddin Ahmad, Rabu (22/5/2019).

"Benar, SK itu sudah kita diterima bulan Mei ini, makanya sudah ada (dibentuk) Panitia Pemilih (Panlih) DPRD untuk memilih pengganti Wakil Bupati Paser," kata Amiruddin.

Struktur Panlih DPRD Paser, yakni HM Robert Saragih sebagai Ketua, Sekretaris H Hamransyah, sedangkan Dody Satwika Nasution, M Saleh dan Lim Edi Hartono masing-masing sebagai Anggota Panlih.

Sesuai Tata Tertib (Tatib) DPRD Paser dan UU 10/2016, mekanisme pemilihan PAW Wakil Bupati Paser ditempuh dengan pemungutan suara di DPRD Paser.

Terkait mekanisme dan kapan pelaksanaan pemilihannya, itu nanti dibahas dalam rapat Panlih DPRD Paser.

Jadi kita tunggu hasil pembahasan Panlih dalam menyusun mekanisme pemilihan dan jadwalnya, hasilnya nanti dibawa ke Badan Musyawarah (Banmus) DPRD untuk ditetapkan tanggal pelaksanaan paripurnanya, kata Amiruddin yang juga sebagai Sekretaris Banmus DPRD Paser Bukan Anggota.

Halaman
12
Penulis: Sarassani
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved