Sempat Bercita-cita Jadi Pramugari, Dara Cantik Ini Justru Pilih Menjadi Seorang Bidan

Salah satu pengalaman yang masih ia kenang adalah saat proses persalinan saat ia praktek pertama kali. Saat itu ada rasa gugup, grogi dan kurang pede

Sempat Bercita-cita Jadi Pramugari, Dara Cantik Ini Justru Pilih Menjadi Seorang Bidan
HO/Dokumentasi Pribadi
Vany Alwy 

TRIBUN KALTIM.CO, BALIKPAPAN - Selain menceritakan pengalaman kegiatannya di bulan Ramadhan 2019, perempuan bernama lengkap Vany Alwy ini juga menceritakan kisahnya yang lain. Perempuan yang berkuliah di Akademi Kebidanan Borneo Medistra ini justru tidak memilih bidan sebagai jurusan atau profesinya kelak. Justru setelah lulus di SMKN 1 Sendawar ini ia ingin mengikuti sekolah pramugari.

Ia pun menyempatkan untuk berdiskusi hal tersebut ke kedua orangtuanya. Namun kedua orangtuanya tidak setuju atas pilihan Vany Alwy. Sebab pekerjaan sebagai seorang pramugari memiliki risiko cukup tinggi dibandingkan profesi lainnya. Lantas orangtuanya menyarankan untuk memilih bidan setelah lulus sekolah. 

"Kata orangtua saya sih sepertinya bagus jurusan kebidanan itu karena bisa terjun langsung ke masyarakat dan katanya kan saya juga suka banget sama anak bayi jadi ya udah orangtua masukin saja ke jurusan kebidanan itu. Jauh banget kan," tuturnya, Rabu (22/5/2019).

Untuk itu setelah lulus di tahun 2017 ia mencari kampus kebidanan. Ia pun memilih Balikpapan sebagai tempat ia mencari ilmu. Dia lantas memilih Akbid Borneo Medistra Balikpapan sebagai tempat ia berkuliah.

"Karena enggak dibolehin jauh-jauh . Rencananya saya mau kembali ke kampung halaman di Makassar. Cuman enggak dibolehkan juga. Alasannya karena dekat orangtua," tuturnya.

Meskipun jurusan bidan selalu dianggap sebelah mata oleh beberapa masyarakat, menurutnya profesi ini lebih memiliki manfaat bagi masyarakat sekitar. Ia pun mendapatkan tugas praktik di beberapa rumah sakit dan puskesmas di Balikpapan. Tahun 2018 ia praktek di rumah sakit Balikpapan Baru dan 2019 di puskesmas Karang Joang menjadi tempat ia mendapatkan segudang pengalaman sebagai calon bidan.

Salah satu pengalaman yang masih ia kenang adalah saat proses persalinan saat ia praktek pertama kali. Saat itu ada rasa gugup, grogi dan kurang pede muncul ketika menjadi tim untuk membantu persalinan salah satu pasien.

Di situ ia melihat keajaiban Tuhan Yang Maha Esa. Dari rahim seorang perempuan keluar lah bayi. Ia pertama kali melihat proses persalinan tersebut yang membuatnya semakin menyukai kuliahnya ini. "Selama kuliah ini sudah praktek di Rumah Sakit Balikpapan Baru dan Puskesmas Karang Joang. pengalaman yang unik itu pas pertama kalinya ikut bantuin nolong persalinan di Puskesmas Karang Joang, Itu rasanya bener bener enggak nyangka bisa pegang kepala bayi pertama kalinya," ujar anak dari pasangan Anas Budianto dan Asmirah ini. (jnp)

BACA JUGA:


KPU Tetapkan Jokowi-Maruf Amin Dulang 55,50 Persen Suara, Suara Sah Nasional Capai 154.257.601


TERPOPULER - Jelang 22 Mei, Amien Rais dan Habib Rizieq Shihab Ditantang 6 Tokoh Relawan Jokowi


Cari Kado Lebaran? Cek Harga 11 HP Xiaomi Terbaru Redmi 7 hingga Redmi 6A, Mulai Rp 800 Ribuan


Berikut Download Lagu On My Way juga Lagu Terbaru Lainnya Kill This Love BLACKPINK dan Via Vallen


TERPOPULER - Sang Istri Ditemukan Tewas Dalam Karung, Feri Kejar Pelaku dengan Leher Berdarah

Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved