Potensi Zakat dari ASN di Berau bisa Capai Rp 5 Miliar

Bupati Berau Muharram memperkirakan bila seluruh ASN muslim membayar zakat maka dalam setahun bisa terkumpul Rp 5 miliar

Potensi Zakat  dari ASN di Berau bisa Capai Rp 5 Miliar
TribunKaltim.CO/Geafry Necolsen
Salah seorang warga sedang membayar zakat di Baznas Berau 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Sejak tahun 2018, Pemkab Berau telah memberlakukan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengelolaan Zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Baznas terus melakukan sosialisasi mengenai peraturan ini kepada kepada masyarakat dan juga seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Ketua Baznas Kabupaten Berau, Radjudin Abdurachman mengatakan, pihaknya telah beberapa kali melakukan sosialisasi atas pengumpulan zakat ini ke masing-masing OPD dan juga perusahaan swasta.

“Kita harapkan dengan adanya perda ini pengumpulan zakat bisa lebih maksimal. Mudah-mudahan seluruh pegawai tergugah hatinya untuk menjalankan kewajibannya ini," katanya, Jumat (24/5/2019).

Pengumpulan zakat ini dikatakan Radjudin,  akan memberikan kemudahan Baznas menjalankan program-program peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kita akui ini karena terbatas dalam hal penyaluran zakat. Setiap bulannya kita berikan santunan kepada fakir miskin yang berjumlah 250 kepala keluarga, masing-masing menerima Rp 300 ribu.

Kalau ditotal, setahun mencapai Rp 1 miliar. Padahal masih banyak program yang harus kita jalankan," ungkapnya.

Apalagi dengan jumlah ASN yang mencapai kurang lebih 6.000 orang dan mayoritas muslim, potensi zakat sangat besar.

Hari Kamis (23/5/2019) kemarin, Bupati Berau Muharram mengatakan, potensi zakat yang bisa dikumpulkan di lingkungan ASN saja, bisa mencapai Rp 5 miliar.

Ia menyakini, jika potensi ini bisa dimaksimalkan, dirinya meyakini, program-program yang dijalankan Baznas dapat tercapai sekaligus membantu pemerintah kabupaten mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved