KPPU Balikpapan: Kenaikan Harga Bahan Pokok di Pasar Tradisional Ramadhan Tahun Ini Masih Wajar

"Kenaikan bahan pokok pada puasa tahun ini masih stabil. Artinya masih wajar bukan berarti tak naik, tapi kenaikan itu masih wajar," kata Abdul Hakim.

KPPU Balikpapan: Kenaikan Harga Bahan Pokok di Pasar Tradisional Ramadhan Tahun Ini Masih Wajar
Tribunkaltim.co/ Aris Joni
Ketua KPPU Balikpapan, Abdul Hakim Pasaribu 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Zainul

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Lonjakan harga bahan pokok di seluruh pasar tradisional saat memasuki bulan puasa dan menjelang hari raya Idul Fitri seakan sudah menjadi situasi tahunan.

Kenaikan harga bahan pokok pada Ramadhan 2019 ini dinilai terbilang wajar.

Hal itu dikatakan oleh kepala Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Wilayah (Kanwil) V Balikpapan, Abdul Hakim Pasaribu saat ditemui Tribunkaltim.co, Sabtu (25/5/2019)

Abdul Hakim Pasaribu mengatakan kenaikan harga bahan pokok saat memasuki bulan puasa dan menjelang hari raya Idul Fitri seiring dengan meningkatnya jumlah permintaan bahan pokok di pasaran oleh masyarakat.

"Kenaikan bahan pokok pada puasa tahun ini masih stabil. Artinya masih wajar bukan berarti tidak naik, tapi kenaikan itu masih wajar," kata Abdul Hakim.

Ia menjelaskan langkah dan upaya pemerintah dalam menahan lonjakan harga kebutuhan pokok sudah jauh lebih maksimal.

Harga daging sapi misalnya, pemerintah sudah mendistribusikan 170 ribu ton daging beku dari Jakarta untuk memenuhi kenutuhan warga Balikpapan.

"Langkah dan upaya pemerintah sudah jauh lebih bagus dalam menekan kenaikan harga bahan pokok. Sudah mendatangkan daging beku dari Jakarta, ini untuk menekan tingginya harga daging," Lanjutnya

Disinggung mengenai faktor yang menjadi pemicu terjadi kenaikan harga bawang putih di kota Balikpapan yang sempat heboh beberapa waktu lalu, KPPU menyebutkan belum ada temuan indikasi persaingan usaha yang tidak sehat.

Halaman
12
Penulis: Zainul
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved