Jenis Izin Ini yang Dibutuhkan Rumah Sakit Tipe B Pemprov di Tanjung Selor

Sebelum membangun Rumah Sakit Tipe B Tanjung Selor, ada beberapa aspek perizinan yang mesti,dilengkapi.

Jenis Izin Ini yang Dibutuhkan Rumah Sakit Tipe B Pemprov di Tanjung Selor
TribunKaltim.Co/Muhammad Arfan
Gubernur Kaltara Irianto Lambrie (tengah) saat meninjau lokasi pembangunan RS Tipe B milik Pemprov di Tanjung Selor beberapa waktu lalu. Jenis Izin Ini yang Dibutuhkan Rumah Sakit Tipe B Pemprov di Tanjung Selor 

TRIBUNKALTIM.COTANJUNG SELOR - Sebelum membangun Rumah Sakit Tipe B Tanjung Selor, ada beberapa aspek perizinan yang mesti,dilengkapi.

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Utara, Usman menjelaskan, kelengkapan izin berkaitan dengan pemenuhan beberapa aspek legal lainnya berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Usman menjelaskan, Rumah Sakit Tipe B Tanjung Selor harus memiliki Izin Operasional. Walau rumah sakit belum dibangun, pemenuhanan perizinan ini harus dimulai dari sekarang agar tidak menjadi kendala di kemudian hari.

"Artinya, begitu rumah sakit jadi, operasional sudah bisa dijalankan," ujar Usman, Minggu (26/5/2019).

Untuk diketahui, Izin Operasional adalah izin yang diberikan oleh pejabat yang berwenang sesuai kelas rumah sakit kepada penyelenggara/pengelola rumah sakit,

untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan di rumah sakit setelah memenuhi persyaratan dan standar yang ditetapkan Menteri Kesehatan.

"Izin operasional ini nanti diajukan oleh Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit kepada kita, Pemprov. Ini sudah diatur di dalam Permenkes 56 Tahun 2014," sebutnya.

Izin operasional harus dibarengi dengan kelengkapan syarat administratif dan teknis lainnya seperti Izin Mendirikan Rumah Sakit, profil rumah sakit, isian instrumen self assesment (pelayanan, SDM, peralatan, bangunan, dan prasarana),

gambar desain, izin penggunaan bangunan (IPB), dokumen pengelolaan lingkungan berkelanjutan, termasuk daftar SDM, peralatan medis dan non-medis, dan berita acara hasil uji fungsi peralatan kesehatan.

Dalam hal pemenuhan izin mendirikan, juga harus berkorelasi dengan aspek administratif dan teknis lain yang harus dilengkapi yakni studi kelayakan,

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved