PUPR Kebut Persiapan Pembangunan RS Tipe B Tanjung Selor, Dibutuhkan Anggaran Rp 340 Miliar

Pemprov Kalimantan Utara tengah berupaya melengkapi syarat administratif pembangunan rumah sakit yang didirikan di kilometer 4 poros Bulungan-Berau

PUPR Kebut Persiapan Pembangunan RS Tipe B Tanjung Selor, Dibutuhkan Anggaran Rp 340 Miliar
HO/DINKES KALTARA
Maket RSUD Tipe B yang direncanakan pembangunannya. Untuk merealisasikannya, Pemprov Kaltara rencananya meminjam dana ke PT Sarana Multi Infrastruktur. 

TRIBUNKALTIM.CO , TANJUNG SELOR - Pasca dilakukan penandatanganan akad kredit pembiayaan pembangunan rumah sakit Tipe B antara Pemprov Kalimantan Utara dengan PT Sarana MUlti Infrastruktur akhir tahun 2018 lalu,

Pemprov Kalimantan Utara tengah berupaya melengkapi syarat administratif pembangunan rumah sakit yang akan didirikan di kilometer 4 poros Bulungan-Berau itu.

Kepala Dinas PUPR Perkim Kaimantan Utara Suheriyatna menjelaskan, syarat administrtaif yang dimaksud adalah izin Mendirikan Bangunan (IBM), Analisis Dampak Lingkungan (Amdal), Analisis Dampak Lalu Lintas (Amdalalin), serta kesesuaian rumah sakit terhadap kriteria Komisi Akreditasi Rumah Sakit.

Ia menjelaskan, penyusunan Amdal sudah bisa dimulai dalam waktu dekat, mengingat sertifikat lahannya telah dikantongi Pemprov.

"Waktu itu kita fokus mengurus sertifikat lahannya, akhirnya sudah tuntas saat ini. Dan ita akan menuju ke tahap pembuatan Amdal," kata Suheryatna, Minggu (26/5/2019).

Adapun pemenuhan Amdalalin, juga tengah berproses. Pemprov sebutnya, telah mengajukan usulan rekomendasi ke Kementerian Perhubungan. Diperkirakan Amdalalin tersebut bisa terbit dalam waktu sembilan hari kerja.

"Insya Allah akhir bulan Mei ini akan terbit. Kita akan kawal," sebutnya.

Kesesuaian rumah sakit terhadap kriteria Komisi Akreditasi Rumah Sakit, juga perlu dikomunikasikan. Sebab rumah sakit yang didirikan mesti mengacu pada standar Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS)

Suheriyatna menjelaskan, jika seluruh kelengkapan administrasi tersebut sudah dipenuhi, maka pertengahan Juni 2019 Rumah Sakit Tipe B di Tanjung Selor sudah bisa disodor untuk mengikuti tahapan pelelangan.

Selain memenuhi syarat administratif, Pemprov Kalimantan Utara, lanjutnya akan mengajukan pembaruan klausul perjanjian pinjaman dana di PT SMI.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved