Syarat Ekspor Kepiting Telur di Atas 200 Gram/Ekor

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar Dadang S Supriyatman mengatakan, ekspor kepiting telur harus memenuhi syarat beratnya 200 gram/ekor

Syarat Ekspor Kepiting Telur di Atas 200 Gram/Ekor
TribunKaltim.CO/Rahmat Taufiq
Dadang S Supriyatman, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar 

TRIBUNKALTIM. CO, TENGGARONG - Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar Dadang S Supriyatman mengatakan, ekspor kepiting telur harus memenuhi syarat beratnya di atas 200 gram/ekor sesuai Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 56 Tahun 2016. Selain itu, syarat berikutnya ia harus memiliki dokumen surat jalan.

"Ukuran berat kepiting telur ekspor minimal 200 gram, 5 ekor itu bisa jadi sekilogram," kata Dadang Dihubungi Tribunkaltim. Co, Minggu (26/5/2019).

Menyoroti kasus penyelundupan kepiting telur ke Malaysia yang digagalkan Satpolair Polres Kukar, Sabtu (25/5/2019), menurut Dadang, para pengepul kepiting telur ini tergiur dengan harga tinggi.

"Rata-rata kepiting petelur itu dagingnya berisi, makanya harganya agak mahal, namanya diekspor harga kepiting telur ini diperkirakan mencapai di atas Rp 100 ribu/kg," ujarnya.

Sedangkan pengepul ini membeli kepiting dari petani di kisaran harga Rp 40-50 ribu/kg.

Sedangkan jumlah pengepul kepiting di wilayah Kukar mencapai di atas 50 orang yang tersebar di 5 kecamatan pesisir, yakni Anggana, Samboja, Muara Jawa, Muara Badak dan Marang Kayu.

"Ada 37 desa pesisir yang berada di 5 kecamatan yang memiliki potensi budidaya kepiting," tuturnya.

Ia mengimbau para petani dan pengepul kepiting tetap memegang aturan dalam memperjualbelikan kepiting, terutama jenis kepiting telur.

Pulau Letung di Kecamatan Muara Badak menjadi kawasan potensi budidaya kepiting bakau. Selain itu, Pulau Letung diproyeksikan sebagai kawasan konservasi kepiting bakau.

Penetapan kawasan konservasi ini dimaksudkan supaya ketersediaan kepiting di perairan tetap ada.

Halaman
123
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Samir Paturusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved