Masa Kerja Tersisa 3 Bulan, DPRD Kabupaten Ini Masih Berhutang 22 Raperda yang Belum Tuntas

Masa jabatan Anggota DPRD Berau Periode 2014-2019 berakhir 3 bulan lagi. Namun, masih ada 22 Raperda yang belum rampung.

Masa Kerja  Tersisa 3 Bulan, DPRD Kabupaten Ini Masih Berhutang 22 Raperda yang Belum Tuntas
tribunkaltim.co/Geafry Necolsen
Awal bulan Mei 2019 lalu, Pemkab Berau mengajukan 5 Raperda baru, sementara masa jabatan anggota DPRD Berau akan berakhir bulan Agustus 2019 ini. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Bulan Agustus 2019 adalah masa kerja terakhir DPRD Berau periode 2014-2019.

Dari hasil perolehan suara dalam Pemilihan Legislatif atau Pileg 2019, dapat dipastikan, kursi parlemen Kabupaten Berau akan diisi wajah-wajah baru.

Meski masa jabatan DPRD akan berakhir tidak lama lagi, masih ada 22 rancangan peraturan daerah atau Raperda yang masih menunggu untuk ditetapkan sebagai peraturan daerah (perda).

Dari 22 raperda tersebut, 4 raperda merupakan inisiatif DPRD serta 18 raperda yang diajukan Pemkab Berau.

Raperda inisiatif DPRD di antaranya Raperda tentang perubahan pertama Perda Berau nomor 12 tahun 2004 tentang pengelolaan dan pengusahaan sarang burung walet.

Raperda perusda perkebunan, Raperda perlindungan petani sawit mandiri, dan Raperda perlindungan tenaga medis dan pasien.

Sedangkan 18 Raperda yang diajukan Pemkab Berau melalui OPD yang juga tercantum dalam MoU diantaranya Raperda tentang sistem perencanaan dan penganggaran terpadu pembangunan daerah Kabupaten Berau,

Raperda tentang perubahan atas peraturan daerah nomor 3 tahun 2016 tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah kabupaten Berau tahun 2016-2021.

Yang keduanya diinisiasi oleh Bapelitbang Berau.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bagian ekonomi juga mengajukan Raperda tentang perubahan atas Perda nomor 5 tahun 1998 tentang pembentukan perusahaan daerah Bhakti Praja Kabupaten Berau.

Halaman
123
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Rafan Arif Dwinanto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved