Pemilihan Pengganti Wabup Mardikansyah, Kaharuddin dan Anaknya Bersaing

Persaingan untuk menduduki posisi Wakil Bupati Paser akan ketat. Golkar mengusulkan Kaharuddin, sementara PKB mengusulkan anaknya Kaharuddin, Zulkifli

Pemilihan Pengganti Wabup Mardikansyah, Kaharuddin dan Anaknya Bersaing
TribunKaltim.Co/Sarassani
Sekretaris Panlih H Hamransyah 

TRIBUNKALTIM.COTANA PASER – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Paser telah membentuk Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Bupati Paser sisa jabatan 2016-2021,

pasca terbitnya surat Mendagri yang memberhentikan dengan hormat Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah karena meninggal dunia.

Panlih dengan komposisi HM Robert Saragih sebagai Ketua, Sekretaris H Hamransyah dan anggota Dody Satwika Nasution, M Saleh, Lim Edi Hartono ini yang akan menyusun aturan main pemilihan Wakil Bupati Paser melalui mekanisme Pergantian Antar Waktu (PAW).

Seperti disampaikan Sekretaris Panlih H Hamransyah kepada tribunkaltim.co, Senin (27/5/2019). “Tugas kita (panlih) adalah mempersiapkan dan melaksanakan PAW jabatan Wakil Bupati Paser,” kata Hamransyah.

Sesuai amanat pasal 176 UU 10/2016, peserta yang ikut PAW Wakil Bupati tak boleh kurang dari 2 dan tidak boleh lebih dari 2, serta mendapat dukungan parpol pengusung atau gabungan parpol pengusung pasangan Bupati Paser dan Wakil Bupati Paser periode 2016-2021.

Kebetulan Bupati Paser H Yusriansyah Syarkawie dan Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah (alm) juga diusung dua parpol, yakni Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Karena itu dalam penjaringan figur peserta PAW Wakil Bupati Paser nyaris tak menemui kendala yang berarti.

“Golkar maupun PKB masing-masing telah merekomendasikan satu nama. Golkar merekomendasikan Beliau (H Kaharuddin, Ketua DPRD Paser), sedangkan PKB merekomendasikan nama Zulkifli Kaharuddin, anak beliau,” kata Hamransyah.

Mekanisme pemilihan PAW Wakil Bupati sesuai Tata Tertib (Tatib) DPRD Paser dan UU 10/2016 ditempuh dengan pemungutan suara Anggota DPRD Paser. Namun seperti apa dan kapan pelaksanaannya? Hal itu menurut Hamransyah akan dibahas dalam rapat Panlih.

“Itu gambaran pemilihannya. Kita (Panlih) belum rapat, mungkin setelah Lebaran aturan mainnya kita bahas. Begitu pula dengan hari pelaksanaannya, itu harus kita sepakati dalam rapat bersama Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Paser,” ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Sarassani
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved