Berita Pemkab Kutai Barat

Prestasi Kubar, 4 Kali Raih Opini WTP, dan 3 Kali Raup Panji Keberhasilan Ini

Tahun ini untuk keempat kalinya sejak 2016 Kutai Barat berhasil memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)

Prestasi Kubar, 4 Kali Raih Opini WTP, dan 3 Kali Raup Panji Keberhasilan Ini
HUMASKAB KUBAR
Bupati Kutai Barat FX Yapan bersama Sekda dan jajaran OPD berfoto bersama usai menerima hasil laporan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK Perwakilan Kaltim di Samarinda 

SAMARINDA - Prestasi membanggakan kembali diraih Pemkab Kutai Barat, yakni empat kali beruntun meraih penilaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan tiga kali berturut-turut menerima Panji Keberhasilan Pengelolaan Keuangan Terbaik I dari BPK Perwakilan Kaltim.

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2018 untuk Kabupaten/Kota se Kaltim berlangsung di Gedung BPK RI Perwakilan Provinsi Kaltim.

Acara yang digelar pada 25 Mei 2019 dihadiri Kepala Daerah, Ketua DPRD dan Sekda se- Kaltim berserta jajaran OPD terkait.

Dalam acara tersebut dilakukan penandatanganan dan penyerahan berkas kepada Bupati/Walikota yang menerima opini terkait LKPD Tahun Anggaran 2018.

Laporan hasil pemeriksaan atas LKPD memuat opini berdasarkan empat kriteria, yakni Kesesuaian dengan Standar Akuntasi Pemerintahan, Kecukupan Pengungkapan, Kepatuhan pada Peraturan Perundang-Undangan dan Efektivitas Sistem Pengendalian Intern.

Tahun ini untuk keempat kalinya sejak 2016 Kutai Barat berhasil memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan untuk kedua kalinya Bupati Kutai Barat dipercaya kembali memberikan sambutan mewakili Kepala Daerah lainnya di Kaltim.

Bupati Kutai Barat FX Yapan dalam sambutannya mengatakan keberhasilan dan kesuksesan dalam upaya menuju pengelolaan keuangan yang benar memerlukan proses dan perjuangan cukup panjang. I

ni merupakan kerja nyata serta sinergitas dari seluruh perangkat daerah yang berkomitmen dan memiliki pemahaman benar, patuh, mau dan mampu mengamalkan semua ketentuan serta peraturan yang berlaku.

Yapan juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala BPK RI Provinsi Kaltim Timur beserta jajarannya yang berkenan melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan optimal terhadap pengelolaan keuangan pemerintah daerah.

Terima kasih juga disampaikan kepada jajaran unsur Forkopimda, dan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota se Kaltim beserta masyarakat yang telah mendukung penuh suksesnya pembangunan berkelanjutan di Bumi Etam.

"Sangat bangga dengan prestasi yang diraih keempat kalinya opini WTP oleh BPK dan tiga kali beturut-turut terbaik I Pengelolaan Keuangan Oleh Pemprov Kaltim.

Hal ini jangan membuat kita cepat puas, sebab dengan capaian hari ini menjadi tanggungjawab untuk pertahankan, bahkan meningkatkan kinerja serta memberikan inovasi dan motivasi," ujarnya.

Bupati yakin Opini WTP bisa dipertahankan dan tingkatkan kualitasnya pada tahun mendatang. Diimbau kepada seluruh aparatur pemerintah mulai kabupaten sampai kampung bergandengan tangan supaya kerja keras, kerja iklas dan kerja nyata untuk "Hari Esok Kutai Barat Lebih Baik"

Kepala BPK RI Perwakilan Kaltim Ir Raden Cornell Syarief Diningrat mengungkapkan berdasarkan kriteria dan indikator-indikator yang telah disusun ditambah review konsep laporan hasil pemeriksaan tingkat BPK Perwakilan dan Pusat, BPK sudah menjalankan tugasnya sesuai prosedur dan standar tata pemeriksaan yang telah ditentukan.

"Apabila hasil pemeriksaan mendapatkan Opini WTP maka hal tersebut bukan merupakan pemberian dari BPK, tetapi buah keberhasilan dari kerja keras, kerja cerdas dan kerja iklas dari seluruh aparatur pemerintah daerah," katanya. (hms11)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved