Usai MotoGP, Kemudian Formula1 lalu Indonesia Bersiap jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Arahan Presiden Joko Widodo untuk menjajaki kemungkinan penyelenggaraan F1 adalah dalam rangka country branding Indonesia,

Usai MotoGP, Kemudian Formula1 lalu Indonesia Bersiap jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032
(Foto: modern.az)
Formula 1 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Setelah memastikan menjadi tuan rumah MotoGP tahun 2021 di Mandalika, Lombok, NTB, Indonesia kini menjajaki kemungkinan untuk bisa menyelenggarakan Formula 1 di tempat yang sama.

Abdulbar M Mansoer, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengatakan, penjajakan menyelenggarakan F1 tak lepas dari upaya pemerintah yang ingin menjadi tuan rumah pada Olimpiade 2032.

"Arahan Presiden Jokowi untuk menjajaki kemungkinan penyelenggaraan F1 adalah dalam rangka country branding Indonesia, memperkuat brand sport tourism selain MotoGP dan mengoptimalkan pemanfaatan street circuit yang saat ini sedang dibangun oleh ITDC di The Mandalika. Juga sebagai upaya Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2032," kata Abdulbar M Mansoer kepada Kompas.com.

Menurut Abdulbar M Mansoer, Presiden Jokowi mengatakan, selain menyelenggarakan MotoGP akan lebih baik lagi jika Indonesia juga bisa menggelar F1 yang merupakan balap mobil purwarupa terkemuka di dunia. "Kami siap mendukung program pemerintah dan kami akan segera menindaklanjuti arahan Bapak Presiden untuk melihat kemungkinan F1 dapat diselenggarakan di Sirkuit Mandalika," kata Abdulbar M Mansoer.

Meski begitu bukan berarti menjajaki kemungkinan sebagai tuan rumah F1 tidak memiliki risiko. Sebab antusiasme balap mobil F1 tak seperti dulu. Di Indonesia F1 kalah popular ketimbang MotoGP, bahkan negara tetangga Malaysia sudah tidak menggelar F1.

Sirkuit Sepang, Malaysia contohnya sudah berhenti menggelar F1 sejak 2018. Alasannya biaya untuk menyelenggarakan F1 tiap tahun terlalu tinggi, dan tidak akan menghasilkan pendapatan yang diinginkan pihak sirkuit.

"Beliau menyampaikan, F1 patut kita jajaki untuk diselenggarakan karena meningkatkan branding Indonesia. Selain itu juga upaya Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2032," ucap Aldulbar M Mansoer.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Usai MotoGP, Indonesia Jajaki jadi Tuan Rumah Balap Formula 1"

BACA JUGA:

TERPOPULER: Sikap Tegas Al El & Dul Jaelani pada Mulan Jameela, Bela Maia Estianty?

Media Sosial dan Whatsapp Sudah Normal, Begini Cara Hilangkan Dampak Buruk VPN Pada Ponsel

Kumpulan Ucapan Selamat Idul Fitri 2019, dalam Bahasa Indonesia, Arab, Inggris dan Jawa

Mustofa Nahrawardaya Ditangkap Polisi Terkait Cuitan Kerusuhan 22 Mei, Apakah Isinya?

Dua Eks Ketua Mahkamah Konstitusi Kompak, Sebut Hasil Pilpres 2019 Bisa Diubah, Prabowo Bisa Menang

Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved