Ini yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mudik Lebaran Agar Motor Anda Tetap Awet

"Pastikan rantai roda anda tidak aus & kendor. Jika rantai kering, maka dapat dilumasi dengan pelumas khusus rantai motor"

Ini yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mudik Lebaran Agar Motor Anda Tetap Awet
HO/ASTRA MOTOR BALIKPAPAN
Sebelum bermudik alangkah baiknya mengecek kondisi sepeda motor yang akan dikendarai. Kurangnya pengecekan terhadap motor sebelum berkendara jauh berisiko membahayakan pengendara dan penumpang itu sendiri. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Lebaran 2019 tinggal menghitung hari. Otomatis masyarakat yang berlibur saat lebaran akan kembali ke kampung halaman. Salah satu cara pergi ke kampung halaman yaitu dengan menggunakan kendara roda dua. Nah, sebelum mudik baiknya motor Anda harus diservice terlebih dahulu. Jangan sampai kendaraan Anda mogok atau terjadi hal yang tidak diinginkan di jalan.

Menurut Aulogia Kriston Samben Technician Service Supervisor Astra Motor Balikpapan, Selasa (28/5/2019) terdapat beberapa hal yang harus dilakukan terhadap motor sebelum mudik. Hal yang harus diperhatikan pertama yaitu adalah cek kualitas dan volume oli motor yang anda kendarai. Sebelum bermudik baiknya lakukan pengecekan kualitas oli terlebih dahulu. Jika ingin mengecek oli siapkan wadah untuk menampung oli mesin Anda.

Setelah baut pembuangan oli terbuka lihat warna dari oli tersebut. Jika oli berwarna hitam pekat segera ganti baru. "Cukup dengan uang Rp 50 Ribu sampai Rp 60 Ribu anda sudah mendapatkan oli mesin berkualitas baik," ucap pria yang disapa Oggy ini.

Kedua cek sistem kelistrikan sepeda motor Anda. Mulai dari lampu utama, sein depan belakang dan lampu belakang cek terlebih dahulu apakah masih nyala atau tidak. "Lampu ini sangat bermanfaat bagi keselamatan pengandara motor. Jangan sampai anda ditabrak dari belakang karena lampu rem anda tidak menyala dengan baik," ucap Aulogia Kriston Samben.

Kemudian cek sistem pengereman. Sebab rem merupakan bagian vital dari sebuah kendaraan. Jika tidak maka akan berakibat kecelakaan fatal di jalan. "Pastikan jarak main bebas tuas rem anda mencukupi. Jika jarak main bebas terlalu jauh, anda cukup menyetel sendiri dengan memutar baut penyetelan di sepda motor anda masing-masing. Untuk rem tipe cakram cukup dicek & ditambahkan minyak rem jika mengalami kekurangan," katanya. Jangan lupa cek ketegangan rantai. Jika kondisi rantai motor terlalu longgar segera dikencangkan.

Jika terlalu longgar maka berakibat getaran saat berkendara ataupun mengganggu komponen di area swing arm dan sekitarnya. "Pastikan rantai roda anda tidak aus & kendor. Jika rantai kering, maka dapat dilumasi dengan pelumas khusus rantai motor," ucap Aulogia Kriston Samben.

Kemudian jangan lupa cek air radiator bagi motor anda yang memiliki sistem berpendingin cairan. Jika air radiator berada di level paling bawah segera isi kembali. Sebab jika cairan radiator kurang akan menyebabkan mesin mudah panas dan menimbulkan gesekan berlebih pada bagian dalam mesin.

Terakhir jangan lupa cek tekanan udara di dalam ban. Tekanan ban yang kurang berisiko menyebabkan ban mudah bocor. Jika terlalu kencang menyebabkan ban meletus. "Resiko bocor, pecah dan terpeleset semakin besar. Untuk mengantisipasi ban bocor, anda dapt mengisi ban anda dengan cairan anti bocor. Ini khusus untuk ban tipe tubeless," tutur Aulogia Kriston Samben.

BACA JUGA:


Semen Padang vs Persib Bandung, Prediksi Starting XI: Artur Gevorkyan On Fire!


Keputusan Sandiaga Uno Setelah Namanya Ramai Disebut Masuk Daftar Calon Menteri Jokowi-Maruf


Download Lagu MP3 Lagi Ngehits, Alan Walker Berjudul Lost Control, Ini Cara Download Lagu & Liriknya


Pengakuan Istri Disertir TNI AD yang Disiapkan Jadi Eksekutor Aksi 22 Mei, Tak Tahu Kerjaan Suami


Pengamat Beberkan 4 Tokoh Nasional Plus 1 Pimpinan Lembaga Survei yang Jadi TO Penembakan 22 Mei

Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved