Ramadhan 2019

MUI Kota Balikpapan Sebut Penyaluran Zakat Melalui Bank Sah Sah Saja, Begini Alasannya

Nah, zakat dengan cara transfer memalai anjungan tunai mandiri (ATM) atau transaksi perbankan, MUI Kota Balikpapan nyatakan sah sah saja lewat Bank

MUI Kota Balikpapan Sebut Penyaluran Zakat Melalui Bank Sah Sah Saja, Begini Alasannya
Dok Tribunkaltim.co
Sekretaris MUI Kota Balikpapan, HM Jailani 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Perkembangan teknologi masa kini semakin canggih dan menjanjikan kemudahan setiap kalangan masyakat dalam melakukan berbagai kegiatan transaksi termasuk transaksi membayar zakat dibulan ramadan yang kini dapat dilakukan melalui Bank tanpa harus buang-buang waktu mendatangi tempat stang penerimaan Zakat.

Namun demikian, membayar zakat dengan cara transfer memalai anjungan tunai mandiri (ATM) atau transaksi perbankan lainnya ternyata justru diragukan sejumlah kalangan masyarakat penyalur zakat di Kota Balikpapan.

Mereka berpendapat bahwa membayar zakat yang dibayar melalui bank dikategorikan tidak sah secara hukum agama.

"Saya justru ragu ragu membayar zakat melalui bank, takutnya nanti tidak sah secara hukum agama, karena termasuk riba," Kata Mustamin (54) warga Sepinggan Balikpapan Selatan.

Berbeda dengan Muhammad Ilham, (43) warga Balikpapan Utara mengajarkan membayar zakat melalui bank sering kali dikait-kaitkan dengan hukum agama yaitu riba.

"Transaksi melalui jasa perbankan sering kali dikait-kaitkan dengan hukum riba secara agama, karena di Bank kita dikenakan biaya sehingga transaksi kita terpotong dan tidak utuh lagi ketika sampai kepenerima zakat," Ujarnya

Menyikapi hal ini, sekretaris MUI Balikpapan, Jailani mengatakan pembayaran zakat melalui transaksi jasa perbankan menurutnya sah-sah saja secara hukum agama asalnya pihak penyalur zakat ikhlas.

"Menurut saya membayar zakat melalui transaksi bank itu sah-sah saja yang penting pemberi zakat itu ikhlas mengeluarkan zakatnya," Katanya

Lebih lanjut ia menjelaskan, membayar zakat itu merupakan kewajiban setiap umat muslim dan harta yang di zakatkan tidak hanya berupa uang tetapi juga berupa harta.

"Zakat tidak hanya berupa unag tetapi juga berupa harta misalnya, pertanian pertambangan, perikanan, emas Itu adalah zakat harta semuanya," paparnya

Menurut MUI kota Balikpapan waktu yang pas membayar zakat adalah tiga hari sebelum hari raya idul Fitri.

Halaman
123
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved