PPDB Gelombang Kedua SMPN Dibuka Besok, Berikut Daftar Sekolahnya

Dinas Pendidikan Samarinda membuka gelombang kedua Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMPN dengan membuka 14 sekolah

PPDB Gelombang Kedua SMPN   Dibuka Besok, Berikut Daftar Sekolahnya
TribunKaltim.Co/Nalendro Priambodo
Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Samarinda, Joko Iriandono 

TRIBUNKALTIM.COSAMARINDA - Dinas Pendidikan Samarinda membuka gelombang kedua Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMPN.

Pembukaan di 14 sekolah ini  merespon keluhan orangtua karena masih ada 1.100 siswa  yang belum tertampung di beberapa sekolah.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Samarinda, Joko Iriandono menjelaskan, selama pendaftaran PPDB gelombang pertama,  ada kuota di sekolah yang belum terpenuhi.

Saat ini, Dinas Pendidikan Kota Samarinda sedang menyusun daya tampung per sekolah.

Dari hitung-hitungan sementara yang dilakukan Dinas Pendidikan, ada 592 siswa yang bakal tertampung di gelombang kedua PPDB di 14 SMPN. 

Adapun sisa 508 siswa lainnya yang belum diterima di PPDB gelombang kedua, bisa diterima di sekolah swasta dengan kurang lebih 16 rombongan belajar.

"Adapun pendaftaran dimulai mulai 17-19 Juni 2019. Pengumuman ; 20 Juni 2019 dan daftar ulang : 21-23 Juni 2019. Syarat pendaftaran masih seperti pada pendaftaran gelombang pertama," ujarnya.

Sistem penerimaan PPDB tahun ini lanjutnya, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, dengan sistem zonasi 90 persen siswa yang jarak rumahnya terdekat dengan sekolah berpotensi besar diterima di 3 sekolah pilihan.

Untuk menentukan seberapa dekat jarak dari rumah ke sekolah menggunakan aplikasi yang dibantu dengan peta yang disiapkan google map.

Bisa jadi, kata Joko, karena petugas dan orangtua tak mengetahui tarikan garis lintang di dalam peta, menyebabkan siswa bisa tak masuk dalam zonasi.

Halaman
123
Penulis: Nalendro Priambodo
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved