Antisipasi Pasien Saat Libur Lebaran, RSUD Beriman Balikpapan Siapkan 12 Dokter Spesialis On Site

Khusus dibuka pelayanan medis dasar supaya tidak terjadi penumpukan pelayanan di IGD, sehingga kami bisa memilah yang gawat darurat segera dilayani

Antisipasi Pasien Saat Libur Lebaran, RSUD Beriman Balikpapan Siapkan 12 Dokter Spesialis On Site
Tribunkaltim.co, Siti Zubaidah
Direktur RSUD Beriman Balikpapan dr CI Ratih Kusuma 

PTRIBUNKALTIM.COBALIKPAPAN- Dalam rangka cuti bersama libur Lebaran 2019, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Beriman Kota Balikpapan menyiapkan 12 dokter spesial on site yang bergantian tugas jaga di rumah sakit, Rabu (29/5/2019).

Direktur RSUD Beriman Balikpapan dr CI Ratih Kusuma mengatakan, persiapan layanan menyambut libur Lebaran RSUD sudah menyiapkan IGD 24 jam, dengan 12 dokter spesialis on site.

Selain itu, RSUD Beriman Balikpapan membuka pelayanan poli klinik umum dari 07:30-9:30 Wita.

"Khusus dibuka pelayanan medis dasar supaya tidak terjadi penumpukan pelayanan di IGD, sehingga kami bisa memilah yang mana gawat darurat segera dilayani, kemudian yang membutuhkan pelayanan dasar ke Poli klinik umum," kata dr CI Ratih Kusuma.

Di RSUD Beriman Balikpapan disediakan 128 tempat tidur, dan 8 beat atau tempat tidur. "Untuk petugas shiftnya seperti biasa tidak mengalami perubahan, dalam sehari ada tiga shift dan tetap melayani seperti biasa," ujar Ratih.

Pelayanan ini mulai dari tanggal 3 Juni - 9 Juni. Sementara pada tanggal 10 Juni 2019 pelayanan kembali normal.

dr CI Ratih Kusuma, melihat dari pengalaman tahun lalu terjadi peningkatan kunjungan pasien yang berobat. Di mana peningkatan pasien sampai 10 persen.

"Makanya itu kenapa kami melayani dengan fasilitas poli klinik tersebut, agar tidak terjadi penumpukan pasien. Di IGD kami hanya ada 8 beat, sehingga yang prioritas atau yang gawat didahulukan," ujar dr CI Ratih Kusuma.

Menurutnya, pada saat libur Lebaran tahun lalu pasien sampai 100 orang perhari. Paling banyak penyakit ISPA, diare dan penyakit kronis, serta penyakit hipertensi.

dr CI Ratih Kusuma mengimbau kepada warga Balikpapan menjelang Lebaran tentunya menjaga kesehatan, karena pada saat Lebaran pola makan berubah, sehingga paling tidak istirahatnya harus dijaga.

Halaman
12
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved