Bangun Pusat Kuliner Terbesar di Kawasan Pelabuhan Samarinda, Pemkot Kerjasama dengan Pelindo IV

Kawasan kuliner akan ditata memanjang di sepanjang Pelabuhan Samarinda. Jadi kuliner di area tepian nantinya dilokalisirkan ke area pelabuhan.

Bangun Pusat Kuliner Terbesar di Kawasan Pelabuhan Samarinda, Pemkot Kerjasama dengan Pelindo IV
Syaharie Jaang, Walikota Samarinda 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA- Penataan dan pengembangan Kota Samarinda terus dilakukan Walikota Syaharie Jaang. Perkembangan terbaru, kawasan Pelabuhan Samarinda akan dijadikan pusat kuliner dan perniagaan terbesar di Kaltim.

Ini diawali dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Walikota Syaharie Jaang dengan Direktur Utama (Dirut) PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Farid Padang, di Makassar, Senin (27/5/2019) lalu.

Demikian diungkapkan Walikota Jaang kepada Tribunkaltim.co di sela-sela buka puasa bersama jurnalis dan pemimpin media se-Samarinda di rumah jabatan walikota, Selasa (28/5/2019). "Kami telah menandatangani MoU di Makassar di Kantor PT Pelindo IV, Senin kemarin. Intinya tentang penataan dan pengembangan kawasan Pelabuhan Samarinda," ujar Jaang.

Dalam kunjungannya ke Makassar kemarin, Walikota menyebut, ia didampingi oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Samarinda Sugeng Chairudin, Asisten I Setkot Samarinda Tejo Sutarnoto, dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Samarinda.

Sedangkan dari pihak Pelindo IV dihadiri Direktur Utama PT Pelindo IV Farid Padang yang didampingi beberapa direksi dan jajaran manajemennya, serta General Manager Pelindo IV Cabang Samarinda, Suherman.

Menurut Jaang, hal yang tertuang dalam MoU tersebut yakni penataan Pelabuhan Samarinda dalam hal perparkiran dan kawasan kuliner. "Area parkiran lagi dipersiapkan. Sedangkan kawasan kuliner di area pelabuhan akan ditata memanjang di sepanjang pelabuhan. Jadi kuliner di area tepian akan dilokalisirkan ke area pelabuhan, sehingga menjadi kawasan kuliner dan perniagaan terbesar," beber Jaang.

Mengenai parkir, saat ini sedang dalam proses pematangan lahan. Juni 2019 nanti sudah bisa dimulai. Sedangkan kawasan kulinernya sedang didesain. "Bahkan ada desain dari seberang sini ke pelabuhan dibangun jembatan penyeberangan orang yang artistik. Saya setuju dengan ini," tandasnya.

Untuk jangka panjang, rencananya akan dibangun hotel di kawasan pelabuhan. Selain itu, nantinya akan bekerjasama pula dalam pengembangan pariwisata. "Dirut Pelindo juga menyebut, kapal dari luar Samarinda yang selama ini hanya 12 jam lalu pergi, akan diberi space dan waktu lebih lama. Jadi, akan bekerjasama dengan bagian promosi pariwisata pemkot sehingga bisa menikmati destinasi wisata yang akan di kota ini," tambah Walikota Jaang.

Mengenai kerjasama ini, tadi malam GM Pelindo IV Samarinda belum berhasil dikonfirmasi. Dikomunikasikan melalui Wahyono, Manajer SDM dan Umum Pelindo IV Samarinda menyetujui akan mengatur waktu untuk Tribunkaltim.co menemui GM Pelindo IV Samarinda hari ini, Rabu (29/5/2019). (*)

Penulis: Fransina Luhukay
Editor: Fransina Luhukay
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved