Traveling

Kisah Ikon Baru Surabaya, Patung Suro dan Boyo, Bola Mata Bisa Memandang dari Darat Juga dari Laut

Patung Suro dan Boyo yang baru ini menjadi ikon baru Surabaya. Semoga bisa menjadi daya tarik baru wisatawan yang akan berkunjung ke Surabaya.

Kisah Ikon Baru Surabaya, Patung Suro dan Boyo, Bola Mata Bisa Memandang dari Darat Juga dari Laut
KOMPAS/IQBAL BASYARI
Patung Suro dan Boyo di Taman Suroboyo, Kenjeran, Surabaya, Rabu (29/5/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, SURABAYA – Ikon Kota Surabaya, Jawa Timur, terus bertambah. Patung Suro dan Boyo setinggi 25,6 meter di Taman Suroboyo menjadi ikon Surabaya terbaru yang bisa dinikmati masyarakat Surabaya dan wisatawan yang berkunjung, atau traveling ke kota Surabaya, Jawa Timur ini.

Patung khas Kota Surabaya yang dibangun oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) melalui program tanggung jawab sosial perusahaan itu diserah terimakan sekaligus diresmikan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Rabu (29/5/2019) atau dua hari jelang ulang tahun Kota Surabaya ke-726.

“Patung Suro dan Boyo yang baru ini menjadi ikon baru Surabaya. Semoga bisa menjadi daya tarik baru wisatawan yang akan berkunjung ke Surabaya,” kata Risma.

Ikon kota Surabaya kini tidak hanya bisa dinikmati dari darat, namun ada yang bisa dinikmati dari laut

Patung Suro dan Boyo dibangun di komplek Taman Suroboyo yang berada kawasan Pantai Kenjeran.

Patung ini memiliki tinggi 25,6 meter dan diameter 15 meter dan berada di taman seluas 11.900 meter persegi.

Di kawasan ini nantinya juga akan dibangun wahana kereta gantung.

“Ikon kota Surabaya kini tidak hanya bisa dinikmati dari darat, namun ada yang bisa dinikmati dari laut,” ujar Risma.

KOMPAS/IQBAL BASYARI
Wali Kot Surabaya Tri Rismaharini bersama Direktur Utama PT Pelindo III Doso Agung (kiri) meresmikan secara simbolis Patung Suro dan Boyo di Taman Suroboyo, Kenjeran, Surabaya, Rabu (29/5/2019)

Patung karya seniman Bali, I Wayan Inten, itu dibangun selama tiga bulan di Bali. Patung kemudian dikirim dalam bentuk potongan-potongan yang diangkut menggunakan peti kemas ke Surabaya untuk proses penyelesaiannya. Patung Suro dan Boyo di Taman Suroboyo ini merupakan yang terbesar jika dibandingkan patung serupa yang berada di Kebun Binatang Surabaya dan Sungai Kalimas.

Di kawasan tersebut, selain ada Patung Suro dan Boyo, wisatawan dapat menikmati Taman Suroboyo dan Pantai Kenjeran. Jika lapar, ada Sentra Ikan Bulak yang siap menyajikan kudapan-kudapan berbahan ikan laut segar yang ditangkap oleh nelayan setempat.

Halaman
123
Editor: Budi Susilo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved