Lebaran 2019

Ingin Libur Lebaran di Kabupaten Paser, Ini Sejumlah Objek Wisata yang Layak Dikunjungi

Direkomedasikan sejumlah objek wisata lokal, diantaranya Museum Sadurengas, Tahura Lati Petangis dan Kampung Warna Warni Desa Janju.

Ingin Libur Lebaran di Kabupaten Paser, Ini Sejumlah Objek Wisata yang Layak Dikunjungi
TribunKaltim.CO/Sarassani
Kampung Warna Warni Desa Janju salah satu objek wisata Kabupaten Paser yang direkomendasikan Disporpar Paser. 

TRIBUNKALTIM.CO,TANA PASER – Sudah menjadi tradisi masyarakat Kabupaten Paser dalam mengisi libur Lebaran dengan mempererat tali silaturahmi, saling memaafkan dalam bingkai hari yang fitri.

Setelah itu dilanjutkan dengan berlibur ke objek-objek wisata bersama keluarga.

Bagi yang ingin mengisi liburan ke objek  wisata, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Paser H Yusuf Sumako, merekomendasikan sejumlah objek wisata lokal,

diantaranya Museum Sadurengas, Tahura Lati Petangis dan Kampung Warna Warni Desa Janju.

“Sebenarnya banyak objek wisata kita bagus untuk mengisi liburan bersama keluarga, yang tak sempat saya paparkan secara satu per satu di sini.

Karena selain Museum Sadurengas, Tahura dan Kampung Warna Warni, kita juga punya Goa Tengkorak, Goa Loyang dan lainnya,” kata Yusuf Sumako, Kamis (30/5/2019).

Museum Sadurengas menurut Yusuf Sumako, merupakan situs cagar budaya nasional yang menjadi bukti keberadaan Kesultanan Sadurengas.

Dulunya, Museum Sadurengas adalah Keraton Kesultanan Sudurengas, bahkan Masjid Jami Nurul Ibadah yang berdiri disamping keraton menjadi bukti perkembangan syiar Islam di Kabupaten Paser.

“Keraton dan masjid berdiri tahun 1851, sekarang sudah berusia 168 tahun. Selain menjadi objek wisata sejarah dan edukasi, juga menjadi objek wisata religi karena Masjid Jami Nurul Ibadah ada jam matahari, yang digunakan orang-orangtua dulu sebelum ada jam yang seperti sekarang,” ucapnya.

Museum dan masjid berlokasi di Desa Pasir Belengkong, Kecamatan Pasir Belekong, hanya sekitar 15 menit perjalanan dari Ibukota Kabupaten Paser.

Halaman
12
Penulis: Sarassani
Editor: samir paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved