Kenaikan Isa Al Masih

Jadi Pengikut dan Saksi

Harus kita akui setiap kita mendengarkan Yesus naik ke surga maka kita membayangkan bahwa Dia naik ke tempat di atas yang kita katakan "Sorga"

Jadi Pengikut dan Saksi
IST/HUMAS
Pendeta Analita Mega

Oleh: Pdt Analita Migang
(Ketua PGI Wilayah Kaltim)

TRIBUNKALTIM.CO - SAUDARA-saudari se-Iman. Harus kita akui setiap kita mendengarkan Yesus naik ke surga maka kita membayangkan bahwa Dia naik ke tempat tertentu di atas yang selalu kita katakan "Sorga".

Hal itu juga digambarkan oleh Kisah Para Rasul 1:9, yaitu ketika Yesus naik, awan menutupinya. Awan tentunya juga akan menunjukkan lokasi dan lokasinya selalu di atas. Tetapi di sisi lain : "Naik" tidak selamanya menunjukkan tempat atau lokasi.

Contoh: anak kita "naik" kelas. Istilah naik di sini bukan terutama pindah lokasi ruang kelas, walaupun itu sering terjadi. Tetapi yang paling utama adalah "naik status".

Dari kelas V SD umpamanya menjadi kelas VI SD. Atau dari SMP naik ke SMA. Kedua contoh itu menerangkan "naik status".

Contoh lain, kalau kita atau keluarga naik pangkat dari Eselon IV menjadi Eselon III, dari kapten menjadi Mayor, itu juga berarti naik status.

Jadi istilah naik terutama mempunyai makna: naik status. Pada perayaan: Kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga: kita merayakan Yesus naik status yang diungkap dengan ungkapan naik ke sorga.

Pada hari Natal: Yesus menurunkan statusnya menjadi manusia dan sama dengan manusia. Dia makan, tidur, bertumbuh dan berkembang kemudian melayani.

Pada hari Jumat Agung dan Paskah: Dia digambarkan statusnya makin rendah, orang hina, terpidana mati dan sebagai hamba yang menderita, mati di kayu salib dan bangkit. Setelah itu dijalaniNya, Dia naik status.

Menurut istilah di Mazmur 47:3 : "Sebab Tuhan yang maha tinggi adalah dahsyat, Raja yang besar dan berkuasa atas seluruh bumi". Kenaikan status itulah yang kita syukuri dan rayakan. Tuhan Yesus yang kita sembah adalah Tuhan yang Maha Tinggi, Dahsyat Raja Besar dan berkuasa atas seluruh bumi. Hal itu juga diungkapkan dalam pengakuan iman kita: …"naik ke Sorga, duduk disebelah kanan Allah Bapa…

Anak-anak dari Harvest Christian Academi mementaskan drama penyaliban Yesus Kristus di Sentosa Waterpark untuk memperingati wafatnya Isa Al Masih.
Anak-anak dari Harvest Christian Academi mementaskan drama penyaliban Yesus Kristus di Sentosa Waterpark untuk memperingati wafatnya Isa Al Masih. (TRIBUN KALTIM/JANUAR ALAMIJAYA)
Halaman
1234
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved