Pemilu 2019

Kisah Empat Bersaudara Keluarga 'M' dari Kutai Timur Lolos ke DPD RI dan DPRD

Keluarga H Mansur Mante yang melahirkan empat putra dari 10 putra-putrinya duduk di parlemen, DPRD Kutim, DPRD Kaltim, hingga DPR/DPD RI

Kisah Empat Bersaudara Keluarga 'M' dari Kutai Timur Lolos ke DPD RI dan DPRD
HO
Anggota DPD RI terpilih Mahyudin bersama adik-adiknya yang dikenal dengan keluarga M asal Kutai Timur. Empat bersaudara dari keluaga M lolos ke DPD RI dan DPRD. 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Keluarga H Mansur Mante yang melahirkan empat putra dari 10 putra-putrinya duduk di parlemen, DPRD Kutim, DPRD Kaltim, hingga DPR/DPD RI cukup dikenal di Kabupaten Kutai Timur.

Mereka adalah, Mahyudin (Wakil Ketua MPR RI) yang pada Pemilu 2019 lolos duduk di DPD RI, Mahyunadi (Ketua DPRD Kutim) saat ini terpilih menjadi anggota DPRD Kaltim, serta dua adiknya, Marsidik dan Maswar yang sama-sama duduk di DPRD Kutim.

Berawal dari Mahyudin, sebagai putera sulung yang sempat menjabat sebagai Bupati Kutai Timur dan dua perioder di DPR RI hingga jabatan saat ini Wakil Ketua MPR RI.

Pasca lulus kuliah di Banjarmasin, Mahyudin yang sempat ditolak saat melamar menjadi karyawan PT Kaltim Prima Coal (KPC) menjajal peruntungan sebagai pengusaha.

Begitu terjadi pemekaran Kabupaten Kutai, ia pun menjajal peruntungan di dunia politik. Namanya masuk dalam jajaran unsur pimpinan di DPRD Kutim.

Dari situ, namanya terus melambung hingga akhirnya dipilih oleh Awang Faroek Ishak mendampinginya menakhodai Kabupaten Kutai Timur, sebagai Wakil Bupati. Sejak saat itu, namanya dan keluarga mulai berkibar.

Wakil Ketua MPR RI Mahyudin saat berkunjung ke SD filial di Sangatta.
Wakil Ketua MPR RI Mahyudin saat berkunjung ke SD filial di Sangatta. (TRIBUN KALTIM/MARGARET SARITA)

Mahyunadi, sang adik pun ikut masuk ke parlemen Kutim. Dari Kutim, Mahyudin berhasil menapaki karir politik di DPR RI lewat perahu Partai Golkar. Pada 2014, adik ketiganya, Marsidik mengikuti jejak sang kakak sukses melenggang ke Karang Paci (DPRD Kaltim. Juga menggunakan Partai Golkar.

Nah pada Pemilu 2019 ini, giliran Mahyunadi beralih ikut bersaing sebagai caleg DPRD Kaltim, dan berhasil lolos.

Sementara, Marsidik justru memilih pindah ke DPRD Kutai Timur bersama adiknya nomor lima, Maswar atau biasa disapa Away. Juga menggunakan perahu Golkar, dan sukses duduk di DPRD Kutim.

Apa yang melandasinya terjun ke politik hingga sekarang? "Sebenarnya tidak ada. Karena pada awalnya, saya memang suka berorganisasi yang kemudian disalurkan dengan bergabung di Partai Golkar. Setelah dijalani, ternyata cocok," ungkap Mahyudin kepada Tribun Kaltim.

Halaman
1234
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved