Sejarah

TERPOPULER - Jelang Lepas Jabatan, Soeharto Punya Kandidat Pengganti, Bukan BJ Habibie Tapi Ini

Presiden Soeharto jelang lengser sempat siapkan kandidat tapi bukan Sudarmono, BJ Habibie atau Prabowo Subianto, lalu siapa penggantinya? berikut ini

TERPOPULER - Jelang Lepas Jabatan, Soeharto Punya Kandidat Pengganti, Bukan BJ Habibie Tapi Ini
Youtube/Tribunnews
Soeharto saat menyatakan pengunduran dirinya dari Presiden RI 

TRIBUNKALTIM.CO - Sejarah pergantian kepemimpinan Indonesia menarik untuk diikuti, satu di antaranya mengenai sosok Soeharto.

Saat Soeharto jadi Presiden Indonesia pernah dinobatkan sebagai bapak pembangunan Indonesia, Soeharto dianggap banyak lakukan pembangunan, sempat dikatakan Indonesia masuk kategori Macan Asia.

Masa kekuasaan Soeharto pun bisa dibilang lama dibandingkan presiden sebelumnya dan sesudahnya. Soeharto yang berkuasa sampai 32 tahun di ujung akhir kekuasaan memiliki catatan yang agak buruk.

Negara Indonesia dalam kondisi krisis ekonomi, membuat tampuk kekuasaan Soeharto pun goyang. Aksi demonstrasi muncul di berbagai daerah membuat Soeharto pun disorot, banyak kritikan.

Ekonomi terpuruk sembako naik tinggi, Soeharto yang jadi presiden pun jadi sasaran. Krisis ekonomi pun berlanjut ke krisis lainnya, multidimensi, Soeharto pun khawatir. Isu tentang korupsi di kalangan kroni dan nepotisme Soeharto pun merebak kala itu.

Tanda-tanda kejatuhan Soeharto dari kursi kepresiden mulai nampak saat memasuki tahun 1998.

Dari gejolak yang buruk itulah, maka kemudian banyak desakan dari masyarakat terutama kalangan tokoh masyarakat dan mahasiswa meminta untuk Soeharto mundur dari jabatannnya.

Demo terjadi di pusat Jakarta, elemen mahasiswa bergelombang dari berbagai penjuru, menuntut Soeharto mundur dari kursi kepersidenan.

Namun saat ada desakan kuat mundur dari kursi presiden, apakah Soeharto sudah siapkan kandidat penggantinya nanti?

Ada kabar bahwa Soeharto memang akan memasang sosok tertentu, sebagai penggantinya di Soeharto. Siapakah dia orangnya, apakah Sudarmono, Harmoko dan BJ Habibie?

Halaman
1234
Penulis: Budi Susilo
Editor: ade mayasanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved