Musim Mudik Lebaran, RT Diimbau Hidupkan Kembali Pos Kamling

Karena itu, kami mengajak masyarakat untuk menghidupkan kembali budaya berjaga di pos kamling (keamanan lingkungan),

Musim Mudik Lebaran, RT Diimbau Hidupkan Kembali Pos Kamling
Tribunkaltim.co, Geafry Necolsen
Polres Berau, bersama Kodim Tanjung Redeb dan Satpol PP, rutin melakukan patroli bersama untuk pengamanan mudik lebaran, termasuk di pemukiman masyarakat. Dan tempat-tempat keramaian. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB – Sebagian besar masyarakat Berau merupakan pendatang dari luar daerah. Meski telah bekerja dan menetap di Berau, pulang ke kampung halaman adalah tradisi yang dirindukan setiap tahun, saat libur hari raya Idul Fitri.

Situasi seperti ini, bisa saja dimanfaatkan oleh para pelaku kriminal. Memanfaatkan kondisi rumah yang kosong untuk mencari keuntungan dengan cara mencuri benda-benda berharga dari dalam rumah yang ditinggalkan pemiliknya.

Untuk mengatisipasi hal ini, Polres Berau mengerahkan ratusan personelnya untuk melakukan patroli, termasuk dengan melibatkan anggota TNI dan Satpol PP Berau. Kapolres Berau, AKBP Pramuja Sigit Wahono mengatakan, keamanan lingkungan tidak hanya menjadi kewajiban anggota kepolisian, juga memerlukan dukungan dari masyarakat.

“Karena itu, kami mengajak masyarakat untuk menghidupkan kembali budaya berjaga di pos kamling (keamanan lingkungan), selain menjadi ajang silaturahmi sesama warganya, juga sangat membantu kami melakukan pengamanan,” kata Kapolres Berau, AKBP Pramuja Sigit Wahono.

Menurut pengamatannya, seluruh Rukun Tetangga (RT) memiliki pos kamling masing-masing. Hanya saja, saat ini sudah mulai jarang warga yang bergantian berjaga di lingkungannya masing-masing. “Ini (pos kamling) yang perlu dihidupkan lagi,” imbuh Kapolres Berau, AKBP Pramuja Sigit Wahono.

Sementara, bagi masyarakat yang melakukan mudik lebaran, diimbau untuk berhati-hati selama perjalanan. “Tetapi, sebelum berangkat mudik, pastikan dulu kondisi rumah ditinggalkan dalam keadaan aman,” ujar Kapolres Berau, AKBP Pramuja Sigit Wahono.

Menitipkan rumah kepada tentangga yang tidak mudik lebaran, kata Sigit akan mengurangi risiko menjadi korban aksi pencurian. Mematikan alat elektronik yang tidak digunakan, mencabut regulator tabung gas dari kompor juga akan mengurangi risiko musibah kebakaran.

“Memasang kunci pengaman tambahan di rumah juga sangat disarankan. Intinya, pastikan rumah ditinggalkan dalam keadaan aman,” kata Kapolres Berau, AKBP Pramuja Sigit Wahono.

BACA JUGA:

Balapan MotoGP di Sirkuit Mugello Tanpa Valentino Rossi, Pilih Tunggangi Motocross

TERPOPULER Misteri warga Rusia di Sisi Prabowo Subianto, Turut Terbang Menuju Dubai, Begini Faktanya

Ketahuan Selingkuh, Istri Sah Buat Petisi Pemecatan Suaminya dari TNI, Dukungan Terus Mengalir

AHY dan Sandiaga Uno Masuk Nominasi? Jokowi Beberkan Kriteria Calon Menteri di Kabinet Baru

 

Rupanya Liverpudlian, Begini Cara Iron Man Dukung Liverpool di Final Liga Champions

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved