Mudik Lebaran 2019

Posko Terpadu Beri Layanan Periksa Kesehatan Gratis dan Beri Obat bagi Pemudik Mabuk Kendaraan

Pos terpadu pemantau arus mudik Lebaran di Kota Bontang menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis kepada pemudik dan supir angkutan kendaraan.

TribunKaltim.Co/Ichwal Setiawan
PERIKSA KESEHATAN — Petugas pengamanan di Posko terpadu Terminal Bontang memanfaatkan layanan medis periksa kesehatan gratis. Layanan medis ini bakal disiagkan selama momen mudik lebaran hingga H+4 lebaran nanti. 

TRIBUNKALTIM.CO,BONTANG — Pos terpadu pemantau arus mudik Lebaran di Kota Bontang menyediakan layanan pemeriksaan  kesehatan gratis kepada pemudik dan supir angkutan kendaraan.

Tiga pos terpadu didirikan  di Terminal Bontang, Jalan S Parman, Kecamatan Bontang Barat, pos Ramayana di persimpangan Jalan MT Haryono dan di Pelabuhan Loktuan, Jalan RE Martadinata.

Di pos terpadu Terminal Bontang, dua petugas medis disiagakan untuk memberikan layanan medis bagi pemudik.

Satu orang dokter, dr Rina Syarifah dan seorang perawat Nurul memberikan layanan periksa kesehatan dan pemberian obat bagi pemudik yang kurang sehat.

dr Rina mengatakan, disiagakan untuk memberikan layananan kesehatan pertama saat terjadi insiden selama momen mudik kebaran ini. Pemudik yang tak sadarkan diri atau kurang enak badan bisa memeriksakan kondisi kesehatan di posko ini.

“Kalau ada yang mual atau mabuk dan diare kami bakal berikan obat,” ujar dr Rina.

Dokter intensif di Puskesmas Bontang Utara ini mengatakan,  jika terjadi insiden kecelakaan lalu lintas pihaknya bakal memberikan layanan medis tingkat pertama sebelum dirujuk ke rumah sakit.

Sementara itu, rekanya Nurul mengatakan, ia  dan tim medis lainnya disiagakan setiap hari hingga Minggu,(9/6) nanti atau H+4 Lebaran.

Tim medis yang disiagakan di tiap posko berjumlah 4 orang, mereka secara bergantian berjaga di pos hingga sore.

Nurul menambahkan, sejauh ini belum ada pemudik yang meminta periksa kesehatan, hanya sejumlah petugas kepolisian yang berjaga memanfaatkan periksa kesehatan di pos terpadu ini.

Halaman
12
Penulis: Ichwal Setiawan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved