Sidak Jelang Lebaran, 98 Persen Pegawai Masih Masuk Kantor di Kutim

Sekitar 98 persen pegawai di lingkungan Setkab Kutim terpantau aktif bekerja meski di hari terakhir bekerja sebelum cuti bersama.

Sidak  Jelang Lebaran, 98 Persen Pegawai Masih Masuk Kantor  di Kutim
TribunKaltim.CO/Margaret Sarita
Pelaksanaan sidak jelang Lebaran di lingkungan Setkab Kutim oleh Sekda Irawansyah 

TRIBUNKALTIM.CO,SANGATTA – Seperti tahun-tahun sebelumnya, satu hari jelang libur bersama Lebaran, dilakukan inspeksi mendadak dari  jajaran Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kutim bersama Inspektorat Wilayah.

Begitu pula Jumat (31/5), sidak dilakukan pukul 9.00 pagi, dipimpin Sekda  Irawansyah.

Tim sidak mendatangi satu persatu ruang kerja per bagian di lingkungan Setkab Kutim.  Menanyakan absensi dan memastikan kehadiran para pegawai tersebut di ruang kerja.

Tak hanya para Aparatur Negeri Sipil (ASN) yang ditanya, tapi mereka yang berstatus Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D) juga diteliti absennya.

Sejumlah pegawai di Setkab Kutim saat dilakukan sidak
Sejumlah pegawai di Setkab Kutim saat dilakukan sidak (TribunKaltim.CO/Margaret Sarita)

Hasilnya, sekitar 98 persen pegawai di lingkungan Setkab Kutim terpantau aktif bekerja meski di hari terakhir bekerja sebelum cuti bersama.

"Hari ini kita (pemerintah daerah ) melaksanakan sidak pra cuti Lebaran. Dimana cuti bersama Lebaran 2019 sudah ditetapkan pemerintah RI sejak akhir tahun lalu, yakni, tanggal 3, 4 dan 7 Juni.

Untuk memastikan para pegawai tidak bolos duluan, dilakukan sidak di hari terakhir jelang libur bersama. Untuk melihat sejauh mana tingkat kedisiplinan para pegawai kita,” ungkap Sekda Irawansyah.

Sidak, kata Irawansyah, sudah menjadi kegiatan rutin. Bahwa satu hari jelang libur panjang, seperti Lebaran maupun akhir tahun, dilakukan sidak. Begitu juga saat masuk hari pertama.

“Bukan rahasia lagi kalau ada sidak. Tinggal kita lihat saja, mereka yang disiplin dan memiliki etos kerja yang baik, tentu tidak akan libur sebelum waktunya,” kata Irawansyah.

Sidak tidak hanya dilakukan di lingkungan Setkab Kutim, tapi di seluruh dinas dan badan di kawasan pemerintahan Bukit Pelangi.

Halaman
12
Penulis: Margaret Sarita
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved