Mudik Lebaran 2019

Arus Mudik di Pelabuhan Klotok Kampung Baru, Penumpang Padat, Pendapatan Motoris Naik 2x Lipat

Lebaran kurang dari sepekan lagi, tingkat kepadatan penumpang di pelabuhan Klotok Kampung Baru Balikpapan ini telah terlihat mulai Kamis, (30/5/2019)

Arus Mudik di Pelabuhan Klotok Kampung Baru, Penumpang Padat, Pendapatan Motoris Naik 2x Lipat
tribunkaltim.co/aris joni
Penumpang antre naik klotok di Pelabuhan Klotok Kampung Baru Balikpapan, Sabtu (1/6/2019) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Lebaran kurang dari sepekan lagi, tingkat kepadatan penumpang di Pelabuhan Klotok Kampung Baru Balikpapan Barat, Kota Balikpapan ini telah terlihat mulai Kamis, (30/5/2019) lalu.

Bahkan hari ini, Sabtu (1/6/2019), walaupun hujan baru saja reda, penumpang masih memadati pelabuhan Klotok, Kampung Baru untuk melakukan penyebrangan dari Balikpapan menuju Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Dikonfirmasi di lokasi, salah seorang motoris Klotok, Abad Basran menjelaskan, kepadatan penumpang mulai tinggi mulai hari Kamis lalu dan hari ini terlihar semakin meningkat.

Diakuinya, fenomena tingginya penumpang jelang libur Lebaran ini selalu terjadi tiap tahunnya.

Bahkan, sampai dapat mengakibatkan antrean pembelian tiket di pelabuhan tersebut.

Arus mudik di Pelabuhan Klotok, Kampung Baru, Balikpapan, Sabtu (1/6/2019). Pemudik membawa motor memilih mudik dari Pelabuhan Kampung Baru.
Arus mudik di Pelabuhan Klotok, Kampung Baru, Balikpapan, Sabtu (1/6/2019). Pemudik membawa motor memilih mudik dari Pelabuhan Kampung Baru. (tribunkaltim.co/aris joni)

"Tiap tahun pasti ramai begini, apalagi H-2 sampai lebarannya, pasti lebih ramai lagi," ujarnya.

Lanjutnya, setiap jelang libur Lebaran penghasilannya dapat meningkat hingga dua kali lipat dibanding hari biasanya karena pada hari Lebaran.

"Kalau hari biasa bisa dapat giliran 5 sampai 6 kali.

Tapi kalau jelang Lebaran ini bisa dapat giliran semua 9-10 kali dalam sehari," ucapnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, motoris Klotok lainnya, Abdul Hamid juga menjelaskan, jika hari biasa penghasilannya bisa mencapai Rp 500 ribu sampai Rp 700 ribu perhari.

Kesibukan di Pelabuhan Klotok, Kampung Baru, Balikpapan, Sabtu (1/6/2019). Arus mudik juga tampak di Pelabuhan Klotok Kampung Baru yang melayani penyeberangan Balikpapan-Penajam Paser Utara
Kesibukan di Pelabuhan Klotok, Kampung Baru, Balikpapan, Sabtu (1/6/2019). Arus mudik juga tampak di Pelabuhan Klotok Kampung Baru yang melayani penyeberangan Balikpapan-Penajam Paser Utara (tribunkaltim.co/aris joni)
Halaman
123
Penulis: Aris Joni
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved