Hari Lahir Pancasila

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Bupati Kutim Ismunandar: Momentum Refleksi Sejarah

Meski sudah memasuki suasana libur, jajaran Pemkab Kutai Timur tak mau melewati peringatan Hari Lahir Pancasila ke 74, begitu saja.

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Bupati Kutim Ismunandar:  Momentum Refleksi Sejarah
tribunkaltim.co/margaret sarita
Bupati Kutim Ismunandar memimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Kutai Timur, Sabtu (1/6/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Meski sudah memasuki suasana libur, jajaran Pemkab Kutai Timur tak mau melewati peringatan Hari Lahir Pancasila ke 74, begitu saja.

Mereka tetap hadir mengikuti apel yang digelar di Gedung Serba Guna Bukit Pelangi, Sabtu (1/6/2019).

Bupati Kutim Ismunandar didampingi Wabup Kutim Kasmidi Bulang, Sekda Drs H Irawansyah M Si dan Ketua DPRD H Mahyunadi SE M Si serta jajaran FKPD Kutim berdiri di atas panggung, memimpin upacara yang diikuti pegawai di lingkungan Pemkab Kutim, TNI/Polri serta Satpol PP Kutim.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ismunandar membacakan sambutan Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Hariyono.

“Dengan memperingati hari lahir Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik,” kata Bupati Kutim Ismunandar.

Memperingati hari lahir Pancasila, menurut Bupati Kutim Ismunandar, merupakan momen mengenang dan mereflesikkan momentum sejarah, di mana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara.

Sekaligus untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara.

Upacara Hari Lahir Pancasila di Kutai Timur, Sabtu (1/6/2019).
Upacara Hari Lahir Pancasila di Kutai Timur, Sabtu (1/6/2019). (tribunkaltim.co/margaret sarita)

“Saya berharap, dengan pelaksanaan upacara menjadi motivasi dan kembali mengingatkan pada masyarakat, terlebih Aparatur Sipil Negara (ASN), agar lebih khidmat dan menghargai Pancasila sebagai ideologi negara.

Harapan kita dengan perayaan hari ini, bisa semakin menguatkan dan menjadikan pondasi pemersatu bangsa," ungkapnya.

Terlebih, kata Bupati Kutim Ismunandar, Pancasila merupakan bukti sejarah yang dicetuskan oleh pendiri negara. Mengingat Indonesia beragam suku, budaya, dan agama, sehingga harus memilki landasan agar tak terpecah belah.

Halaman
12
Penulis: Margaret Sarita
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved