Begini Prosedur Pemberangkatan Speedboat di Dermaga Kayan II

Ada beberapa prosedur yang harus dilalui speed boat sebelum diberangkatkan dari Dermaga Kayan II Tanjung Selor.

Begini Prosedur Pemberangkatan Speedboat di Dermaga Kayan II
TribunKaltim.Co/Muhammad Arfan
Speed boat bersandar di Dermaga Kayan II Tanjung Selor, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO,TANJUNG SELOR - Ada beberapa prosedur yang harus dilalui speed boat sebelum diberangkatkan dari Dermaga Kayan II Tanjung Selor.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Dermaga Kayan II Tanjung Selor, Muhammad Zen S menjelaskan, tahapan pertama speed boat harus diperiksa kelaikan berlayarnya oleh tim terpadu yakni dari pihak kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, dan Pos Pengawasan Pelabunan.

"Karena arus mudik ini tergabung dalam posko terpadu, jadi kita sama-sama berkoordinasi lintas instansi. Jadi untuk kelancaran dan safety, kita sama-sama turun," ujar Muhammad Zen.

Beberapa hari sebelum mudik, juga dilakukan ramp check terhadap semua armada speed boat yang jumlahnya mencapai 27 unit.

Gratis, Warga Mudik Lebaran bisa Titip Kendaraan di Polres Kutim

Tips Nyaman dan Aman Mudik Lebaran dengan Mobil Pribadi

Setelah dinyatakan laik berlayar, pihak agen kemudian diminta untuk mengajukan Surat Permohonan Berlayar yang wajib dilengkapi daftar manifest penumpang.

"Setelah daftar manifest ada, kita kemudian terbitkan Surat Persetujuan Berlayar (SPB). Kemudian kita beri ke agen untuk siap-siap berlayar," ujarnya.

Sebelum bertolak, tim terpadu kemudian mengecek ulang kondisi speed boat, termasuk kesesuaian penumpang dengan manifest.

"Anak-anak yang sudah berumur 2 tahun harus duduk sendiri atau tiket sendiri. Sedang di bawah 2 tahun, kami minta orangtuanya untuk tetap mengawasi selama pelayaran. T

ermasuk juga life jacket semua penumpang harus mengenakan. Kalau tidak, speed boat tidak boleh berangkat," ujarnya. (*)

Sebanyak 4.186 Penumpang Mudik Lewat Demaga Kayan II

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved