Derita Gizi Buruk, Adminduk dan BPJS Kesehatan Dilson Masih Proses

Lambatnya penanganan kesehatan bayi Dilson hingga menderita gizi buruk dan TB Paru, akibat kondisi keuangan Nelcyana yang morat marit.

Derita Gizi Buruk, Adminduk dan BPJS Kesehatan Dilson Masih Proses
TribunKaltim.Co/Margaret Sarita
Bayi Dilson asal Sangatta yang menderita gizi buruk dan TB Paru 

TRIBUNKALTIM.CO,,SANGATTA – Lambatnya penanganan kesehatan bayi Dilson hingga menderita gizi buruk dan TB Paru, akibat kondisi keuangan Nelcyana yang morat marit.

Maklum, pasca sang suami menghadap ilahi setahun lalu, ekonomi Nelcyana langsung turun drastis. Ia harus menghidupi dirinya dan dua anak balita yang dimiliki.

Ia sempat bekerja sebagai buruh di perkebunan kelapa sawit, setelah melahirkan terpaksa berhenti karena harus mengurus anak-anaknya.

Tempat tinggalnya di camp perusahaan pun terpaksa ditinggalkan dan hidup menumpang dengan saudara di Desa Sepaso, Kecamatan Bengalon, tepat di belakang Kantor Camat Bengalon.

VIDEO - Kisah Bayi Dilson dari Bengalon yang Menderita Gizi Buruk, Minum Susu lewat Selang

Miris, Kakak Beradik di PPU Kena Gizi Buruk, Berat Badan Kurang dari 20 Kg 

Jaminan kesehatan berupa BPJS, tak dimilikinya karena  administrasi kependudukan (Adminduk) nya masih tercatat sebagai warga NTT.

“KTP saya masih dari NTT, makanya  itu perusahaan nggak bisa kasih BPJS Kesehatan. Setelah berhenti bekerja, juga tidak bisa urus, karena terbentuk administrasi kependudukan.

Makanya mau bawa berobat takut sekali. Saya nggak bisa bayar nanti,” ungkapnya.

Menyikapi hal ini, Camat Bengalon Suherman Cono, mengatakan pihaknya tengah mengurus Adminduk Nelcyana dan keluarga, agar bisa terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan di Kutim.

Sehingga bayi Dilson bisa terus menjalani perawatan pasca berobat di RSUD Kudungga Sangatta. “Kalau pun kami uruskan BPJS-nya, fasilitas itu baru bisa digunakan 14 hari setelah aktif, tidak bisa serta merta.

Tapi kami tetap usahakan Nelcyana dan anak-anaknya tercover BPJS Kesehatan, supaya perawatan bagi bayi Dilson bisa paripurna sampai kondisinya sehat seperti sebelumnya,” ujar Cono.

Halaman
1234
Penulis: Margaret Sarita
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved