Jembatan Timbang di Dibangun di Kabupaten Paser Tahun Depan, Dirjen Hubdad Sudah Beri Lampu Hijau

Dirjen Hubdad sudah beri lampu hijau pembanguna Jembatan Timbang di Kabupaten Paser Tahun depan. Hal ini diungkapkan Dishub Paser

Jembatan Timbang di Dibangun di Kabupaten Paser Tahun Depan, Dirjen Hubdad Sudah Beri Lampu Hijau
tribunkaltim.co/Sarassani
Inayatullah, Kepala Dishub Paser 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat (Hubad) telah menyetujui pembangunan jembatan timbang.

Persetujuan diberikan setelah lokasi yang diusulkan Dinas Perhubungan atau Dishub Paser dinyatakan memenuhi persyaratan teknis.

Karena perencanaan teknisnya dibuat tahun ini, sehingga pembangunan fisik jembatan timbang menurut Kepala Dishub Paser Inayatullah, dilaksanakan tahun 2020.

“Tahun ini persyaratan teknis usulan kita disetujui, tahun depan dimulai pembangunan fisiknya,” kata Inayatullah, Minggu (2/6/2019).

Salah satu persyaratan teknis yang harus dipenuhi adalah sertifikat lahan untuk lokasi pembangunan jembatan timbang yang diusulkan.

Dirjen Hubad akan sulit mengabulkan usulkan Kabupaten Paser, apabila lahan untuk lokasi pembangunan jembatan timbang bukan merupakan aset pemerintah pusat.

“Ada ketentuan tidak boleh membangun di atas tanah orang lain, bukan hanya dari sumber dana APBN tapi juga APBD.

Pusat tidak boleh membangun di atas tanah milik pemerintah daerah, dan daerah tidak boleh membangun di atas tanah milik pemerintah pusat,” ucapnya.

Karena itu, lanjut Inayatullah, lahan yang semula merupakan aset pemerintah daerah, setelah dihibahkan resmi menjadi aset pemerintah pusat.

Meski jembatan timbang dikelola oleh pemerintah pusat, tetap Kabupaten Paser yang menjadi penerima manfaat dari keberadaan jembatan timbang.

Halaman
12
Penulis: Sarassani
Editor: Rafan Arif Dwinanto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved