Mudik Lebaran 2019

Sebelum Berangkat ABK di Pelabuhan Samarinda Peragakan Penggunaan Alat Keselamatan

Anak Buah Kapal (ABK) KM Pantokrator sebelum berangkat menuju Pare pare, Sulawesi Selatan juga menjelaskan mengenai keselamatan.

Sebelum Berangkat ABK di Pelabuhan Samarinda Peragakan Penggunaan Alat Keselamatan
TribunKaltim.Co/Christoper Desmawangga
MUDIK 2019 - Peragaan alat keselamatan di KM Pantokrator yang diperagakan oleh anak buah kapal (ABK) sebelum kapal berangkat menuju Pare pare, Sulawesi Selatan, Senin (3/6/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO,SAMARINDA - Ada yang tak biasa terjadi di Pelabuhan Samarinda, khususnya di dalam kapal sebelum berangkat.

Anak Buah Kapal (ABK) KM Pantokrator sebelum berangkat menuju Pare pare, Sulawesi Selatan juga menjelaskan mengenai keselamatan.

Di dek dua kapal, ABK mempragakan tata cara penggunaan life jacket, mulai dari  cara memasang, meniup pluit hingga menyalakan lampu kedaruratan yang terdapat di life jacket.

Praktek penggunaanya pun sama dengan seperti di pesawat, ada yang mempragakan, ada pula yang memberikan penjelasan.

Pelabuhan Samarinda Tak Punya Loket Tiket, Penumpang Terpaksa Beli ke Pengurus Kapal dan Calo

Bangun Pusat Kuliner Terbesar di Kawasan Pelabuhan Samarinda, Pemkot Kerjasama dengan Pelindo IV

Tidak hanya itu, ABK juga memberitahukan lokasi life jacket diletakkan, di tempat yang mudah dijangkau para  penumpang.

Peragaan penggunaan alat keselamatan tersebut turut disaksikan jajaran Polsek Kawasan Pelabuhan (KP) Samarinda, yang juga ikut mendorong peragaan penggunaan alat keselamatan.

Namun demikian, peragaan penggunaan alat keselamatan itu tidak hanya dilakukan saat musim arus mudik Lebaran saja, namun juga telah dilakukan jauh hari sebelum arus mudik Lebaran.

"Peragaan dilakukan  ABK, kita ikut serta dalam mengawasi dan menghimbau penumpang untuk memperhatikan peragaan tersebut," ucap Kapolsek KP Samarinda, AKP Aldi Alfa Faroqi, melalui Unit Binmas, Bripka Solik, Senin (3/6/2019).

"Seperti di pesawat, di kapal juga. Jadi sebelum kapal bersngkat, peragaan dilakukan lebih dulu. Di kapal lainnya peragaan ditayangkan melalui layar lebar, jadi penumpang tinggal memperhatikan saja," sambungnya.

Senin (3/6) hari ini, diketahui merupakan keberangkatan terakhir kapal tujuan Pare pare, Sulawesi Selatan di Pelabuhan Samarinda.

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved