Lebaran 2019

Cerita 87 Buruh Tani di Long Nah Mudik Lebaran 2019 Gratis ke Blora Naik Kapal Perang KRI Makassar

Kisah buruh tani di Kalimantan Timur naik kapal perang KRI Makassar ikut mudik gratis Lebaran 2019 jurusan Balikpapan ke Surabaya Jawa Timur.

Cerita 87 Buruh Tani di Long Nah Mudik Lebaran 2019 Gratis ke Blora Naik Kapal Perang KRI Makassar
Tribunkaltim.co/fachmi rachman
Pergi mudik lebaran 2019 memakai Kapal KRI Makassar milik TNI AL di Pelabuhan Semayang Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (1/6/2019). Ada juga buruh tani di Kalimantan Timur naik kapal perang KRI Makassar ikut mudik gratis Lebaran 2019 jurusan Balikpapan ke Surabaya Jawa Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Sujito (63) tengah bersenda gurau dengan teman-temannya menikmati perjalanan mudik Lebaran 2019.

Ia duduk beralas terpal di geladak KRI Makassar-590, dari Kota Balikpapan Kalimantan Timur ke jurusan Surabaya, Jawa Timur.

Mereka menghabiskan malam panjang dalam perjalanan mudik gratis dari Balikpapan-Surabaya.
Dari Surabaya, ia masih harus melanjutkan ke Blora, Jawa Tengah.

Sejatinya, Sujito bersama 86 teman lainnya sekampung merupakan buruh tani yang bekerja di perkebunan, Long Nah, Kabupaten Kutai Timur, Priovinsi Kalimantan Timur.

Ia baru sebulan bekerja di sini, Kalimantan Timur. 

Sujito dan rekan-rekannya sesama buruh tani di Long Nah, Kutai Timur ikut mudik gratis dengan kapal perang KRI Makassar-590 rute Balikpapan-Surabaya. Dari Surabaya ia melanjutkan perjalanan ke Blora, Jawa Tengah.
Sujito dan rekan-rekannya sesama buruh tani di Long Nah, Kutai Timur ikut mudik gratis dengan kapal perang KRI Makassar-590 rute Balikpapan-Surabaya. Dari Surabaya ia melanjutkan perjalanan ke Blora, Jawa Tengah. (TribunKaltim.Co/Trinilo Umardini)

Saban hari, Sujito bersama buruh lainnya menanam pohon akasia. Bekerja sejak pukul 07.30 hingga 16.30 Wita, ia dibayar Rp 200 ribu per hari.

Sebulan ini Sujito bersama buruh lainnya telah menggarap 50 hektare. Ada ribuan hektare milik PT Indotani yang masih perlu digarap.

Menurut perjanjian, Sujito dan buruh lainnya pulang tiga bulan sekali. Adanya informasi mudik gratis, dimanfaatkan Sujito dan kawan-kawan.

Terlebih para buruh tani juga diperbolehkan libur.

Sujito dan para buruh lainnya dijemput pakai truk ABRI menuju Pelabuhan Semayang dan sempat menginap semalam menunggu KRI Makassar-590 sandar.

Halaman
1234
Penulis: Trinilo Umardini
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved