Lebaran Sudah Tiba, Ini 7 Poin Imbauan Kalak BPBD Paser

Kalau rumah sudah terkunci, setidaknya kita sudah mencegah rumah dimasuki maling. Itu karena kita tidak memberi kesempatan pada maling

Lebaran Sudah Tiba, Ini 7 Poin Imbauan Kalak BPBD Paser
HO
Kompor gas di dapur, pelajari tips menghemat energi 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER – Lebaran sudah tiba. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama merayakan Idul Fitri, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Paser Edwar Effendi, Selasa (4/6/2019), mengimbau masyarakat Kabupaten Paser untuk tak lupa berhati-hati.

“Biasanya di malam Lebaran banyak warga yang lembur. Ibu-Ibu memasak persiapan Lebaran, Bapak-bapaknya juga banyak diurus, malamnya sudah capek dan terkadang lupa mematikan kompor, hal itu bisa mengakibatkan musibah kebakaran,” kata Edwar Effendi.

Sebagaimana yang sudah menjadi tradisi di masyarakat, hari pertama Lebaran diisi dengan bersilaturahmi ke rumah orangtua, keluarga, kerabat dan tetangga. Meski dalam suasana suka cita saling bermaaf-maafan, jangan lupa pastikan semua aman sebelum meninggalkan rumah.

“Kalau rumah sudah terkunci, setidaknya kita sudah mencegah rumah dimasuki maling. Itu karena kita tidak memberi kesempatan pada maling atau pencuri melakukan tindak kejahatan. Begitu pula saat memarkir kendaraan, pastikan di parkir di tempat yang aman dan kendaraan dalam keadaan terkunci,” ucap Edwar Effendi.

Kepada keluarga-keluarga yang mengisi libur Lebaran dengan rekreasi ke objek-objek wisata, Edwar Effendi berpesan kepada para orangtua untuk terus mendampingi anak-anaknya, terutama anak usia di bawah lima tahun. “Saya harap sedetik pun si buah hati jangan sampai lepas dari padangan kita, bukan kah liburan untuk menyenangkan si buah hati,” tambah Edwar Effendi.

7 Poin Imbauan Kalak BPBD Paser

1. Setelah selesai memasak buat Lebaran jangan lupa mengecek kembali dan mematikan kompor. Jangan sekali-kali meninggalkan kompor dalam keadaan menyala demi menghindarkan kita dari " BAHAYA KEBAKARAN ".

2. Apabila ingin meninggalkan rumah silaturahmi, liburan atau beristirahat tidur, diharapkan terlebih dahulu memeriksa dan mengecek kembali KOMPOR, KUNCI PINTU, KUNCI JENDELA dan ALAT-ALAT LISTRIK LAINNYA, demi keamanan dan kewaspadaan bersama.

3. Jika aliran listrik PLN padam, maka yang menggunakan alat penerangan alternatif. Seperti LILIN, LAMPU SUMBU DLL atau yang sedang menyalakan OBAT NYAMUK BAKAR, diharapkan menempatkan posisi benda-benda tersebut di tempat yang benar-benar aman, jauh dari jangkauan anak-anak dan jauh dari barang/benda yang mudah terbakar.

4. Bagi penggunakan kendaraan roda 2 dan roda 4 agar memastikan kendaraannya yang PARKIR, benar-benar aman dan terjangkau oleh pengawasan Anda, kalau perlu gunakan kunci ganda. Dan jangan pernah meninggalkan barang berharga di dalam kendaraan.

Halaman
12
Penulis: Sarassani
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved