Lebaran 2019

Waktu Indonesia Lebih Cepat tapi Kenapa Hari Raya di Arab Saudi Lebih Awal? Begini Penjelasan Ahli

Perbedaan waktu perayaan Idul Fitri 1440 H antara Arab Saudi dan negara-negara Teluk tahun 2019 ini, menimbulkan tanda tanya dari masyarakat Indonesia

Waktu Indonesia Lebih Cepat tapi Kenapa Hari Raya di Arab Saudi Lebih Awal? Begini Penjelasan Ahli
Arabnews.com
Idul Fitri penuh warna di Arab Saudi 

TRIBUNKALTIM.CO – Perbedaan waktu perayaan Idul Fitri 1440 H antara Arab Saudi dan negara-negara Teluk pada tahun 2019 ini, menimbulkan tanda tanya dari masyarakat Indonesia.

Pasalnya, perjalanan waktu di Indonesia lebih cepat 4 jam dari Arab Saudi.

Banyak orang kemudian menganggap bahwa hal ini menunjukkan waktu di Indonesia lebih cepat 4 jam daripada Arab Saudi.

Tapi kenapa justru Arab Saudi duluan merayakan Idul Fitri, sementara kita di Indonesia harus menunggu besoknya?

Penjelasan-penjelasan tentang hal ini sebenarnya telah banyak disampaikan oleh para ulama dan pakar, di Aceh, Indonesia, hingga mancanegara.

Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tgk Muslim Ibrahim MA, dalam sebuah kesempatan beberapa waktu lalu pernah menyampaikan bahwa perbedaan Idul Fitri, di mana Arab Saudi lebih duluan daripada Indonesia, salah satunya karena yang menjadi ukuran dari penetapan penanggalan dalam Islam adalah penampakan bulan (qamariah), bukan matahari (syamsyiah atau GMT).

Jadi, ketika pada malam tanggal 29 Ramadhan, ternyata bulan syawal tidak terlihat, maka puasa digenapkan menjadi 30 hari, meski kemudian bulannya terlihat pada malam.

Hal ini didasarkan kepada perintah Rasulullah dalam hadits Sahih yang berbuyi “Berpuasalah kalian karena melihatnya, berbukalah kalian karena melihatnya.”

Penjelasan Agus Mustofa

Penjelasan tentang duluan Idul Fitri di Arab Saudi ini juga disampaikan penulis puluhan buku serial Diskusi Tasawuf Modern, Agus Mustofa.

Halaman
1234
Editor: Doan Pardede
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved