Lebaran 2019

10 Hal Unik Lebaran di Kaltim-Kaltara, Tanpa Sampah hingga Khatib Singgung Sontoloyo dan Genderuwo

Ada sejumlah hal unik dalam perayaan Lebaran 2019 di Kaltim dan Kaltara. Mulai dari pemangan tak biasa di lokasi salat ied hingga pesan khatib

10 Hal Unik Lebaran di Kaltim-Kaltara, Tanpa Sampah hingga Khatib Singgung Sontoloyo dan Genderuwo
kolase TribunKaltim.co
Serba-serbi perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 H atau Lebaran 2019 di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara atau Kaltara. 

TRIBUNKALTIM.CO - Setelah sebulan berpuasa, umat Islam akan merayakan Idul Fitri atau Lebaran yang jatuh pada 1 Syawal.

Saat Idul Fitri, momen Lebaran 2019 ini, umat Islam dianjurkan untuk menunaikan Salat Ied atau Salat Idul Fitri.

Dan saat lebaran, para pejabat atau tokoh-tokoh masyarakat biasanya akan menggelar open house di kediaman pribadi atau rumah dinas.

Berikut beberapa hal menarik seputar lebaran di Kalimantan Timur atau Kaltim yang sudah dirangkum TribunKaltim.co :

1. Pemandangan tak biasa di Lapangan Merdeka

Kondisi Lapangan Merdeka Balikpapan, Jalan Jendral Sudirman
Kondisi Lapangan Merdeka Balikpapan, Jalan Jendral Sudirman (Tribunkaltim.co, Zainul)

Ada pemandangan yang tak biasa terjadi di kawasan Lapangan Merdeka Balikpapan, Kalimantan Timur selepas shalat Ied 1440 Hijriah oleh ribuan umat muslim di Kota Balikpapan, Rabu (5/6/2019).

Lapangan Merdeka yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Kecamatan Balikpapan Kota terlihat hijau bersih dan hampir tak ada sampah yang berserakan seperti tahun -tahun sebelumnya.

Sebelumnya diketahui kawasan Lapangan Merdeka selalu dipenuhi tumpukan sampah dari koran bekas maupun kemasan botol minuman ditemukan berserakan di tengah lapangan usai pelaksanaan shalat Ied maupun kegiatan besar lainnya.

Mohamad Iqbal salah satu peserta yang juga terlibat sebagai panitia pelaksana shalat Ied di Lapangan Merdeka Balikpapan mengatakan, sebagian besar warga Balikpapan sudah memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan di samping ada imbauan dari walikota Rizal Effendi agar masyarakat membawa pulang sampahnya sendiri usai melaksanakan shalat Ied.

"Alahdulillah warga Balikpapan sebagian besar sudah sadar akan pentingnya menjaga kebersihan kota kita, kebersihan kota Balipapan merupakan tanggung jawab kita bersama," katanya

Halaman
1234
Penulis: Doan Ebenezer Pardede
Editor: Budi Susilo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved