Ibu Kota Baru

Yuk Kenali Pulau Pisau yang Masuk Kandidat jadi Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia di Pulau Kalimantan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi gulirkan ide pemindahan ibu kota Indonesia. Ada daerah yang jadi kandidat satu di antaranya Pulau Pisau, yuk kenali.

Yuk Kenali Pulau Pisau yang Masuk Kandidat jadi Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia di Pulau Kalimantan
Kompas / Agus Susanto
WAJAH JAKARTA TERKINI - Kawasan jalan inspeksi bantaran Kali Ciliwung yang membelah Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur dan Bukit Duri, Jakarta Selatan, Senin (22/1/2019). Rencananya ada pemindahan ibu kota Indonesia keluar dari Jakarta. Lokasi Ibu Kota Baru ada di luar Pulau Jawa. 

TRIBUNKALTIM.CO -  Kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau yang biasa dipopuler dipanggil Jokowi, belakangan ini munculkan wacana rencana pemindahan ibu kota Indonesia.

Jelas saja rencana pemindahan ibu kota Indonesia mendapat tanggapan dari berbagai pihak, dari kalangan orang biasa hingga kalangan terdidik. 

Pro dan kontra bermunculan di rencana pemindahan ibu kota Indonesia akan tetapi banyak pendapat yang setuju atas langkah Jokowi untuk ciptakan lokasi Ibu Kota Baru bagi Indonesia. 

Rupanya Jokowi melihat hal ini sebagai hal yang serius bukan sebatas wacana. Melalui Bappenas yang ditugaskan Jokowi untuk susun dan buat desain konsep yang pas buat tempat Ibu Kota Baru. 

Jadi melihat hal itu, langkah pemindahan ibu kota Indonesia bukan hal yang bercanda di era pemerintahan Presiden Joko Widodo

Nah, pemindahan ibu kota Indonesia hanya berfokus memindahkan pusat pemerintahan, sedangkan pusat perekonomian, perdagangan, dan jasa tetap di Jakarta.

Nah, Presiden Joko Widodo melihat bahwa beban Jakarta sebagai pusat pemerintahan sekaligus pusat industri, perdagangan, dan jasa sangat berat.

Sisi lainnya, seperti  daya dukung lingkungan dan daya tampung sosial Jakarta yang semakin menurun.

Selain itu, ia menginginkan pembangunan yang lebih merata, tidak hanya terpusat di Jawa.

Yups, Jokowi bahkan sudah menengok sejumlah lokasi di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

Halaman
1234
Penulis: Budi Susilo
Editor: Kholish Chered
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved