Di-Black List, Ponsel 5G Ini Tak Akan Bisa Pasang Aplikasi Facebook, Whatsapp dan Instagram

Huawei kena imbas perang dagang Amerika Serikat dan Cina. Ponsel besutannya tak bisa pasang aplikasi Facebook, Instagram, dan Whatsapp

Di-Black List, Ponsel 5G Ini Tak Akan Bisa Pasang Aplikasi Facebook, Whatsapp dan Instagram
Yudha Pratomo/KompasTekno
Layar Huawei Mate X ketika dibentangkan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sejak memulai proyek 5G-nya, Huawei terus dihantam masalah.

Huawei di-black list oleh pemerintah AS dan didepak dari asosiasi Wi-Fi dan kartu SD.

Kini Huawei, vendor asal Cina tersebut dilaporkan tak bisa memasang aplikasi besutan Facebook secara sistem, atau pre-loaded di ponsel Huawei.

Tak hanya aplikasi Facebook saja, sejumlah aplikasi perusahaan asuhan Mark Zuckerberg itu, seperti WhatsApp dan Instagram, juga bakal dilarang dipasang secara bawaan di ponsel Huawei masa depan.

Meski dilarang dipasang secara pre-loaded, pengguna yang memiliki ponsel Huawei saat ini masih bisa mengunduh tiga aplikasi tadi.

Namun, untuk ponsel-ponsel Huawei keluaran berikutnya, pengguna bakal tidak bisa men-download Facebook, WhatsApp, dan Instagram.

Penyebabnya, Huawei juga diblokir oleh Google Play Store, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Reuters, Sabtu (8/6/2019).

Berdasarkan laporan, Facebook mengambil langkah ini lantaran ingin tetap sejalan dengan peraturan yang ditetapkan di negara di mana perusahaan itu berdiri, yaitu Amerika Serikat.

Mereka tidak membeberkan secara pasti kapan langkah pemblokiran akses pemasangan aplikasi Facebook, Whatsapp dan Instagram ini diterapkan pada ponsel-ponsel Huawei.

Namun, mereka memastikan bahwa pengguna yang telah memiliki ponsel Huawei hingga saat ini masih bisa menggunakan aplikasi Facebook, seperti mengunggah status dan menelisik lini masa Facebook.

Halaman
1234
Editor: Rafan Arif Dwinanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved