Kartu Identitas Anak Berbasis Online, Bisa Daftar dari Rumah, Ini Cara dan Syarat-syaratnya

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akan menerapkan proses pengurusan Kartu Identitas Anak

Kartu Identitas Anak Berbasis Online, Bisa Daftar dari Rumah, Ini Cara dan Syarat-syaratnya
TRIBUN KALTIM/ HERIANI
Suyanto, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara, menunjukkan contoh KIA. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akan menerapkan proses pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA) berbasis online.

Program terbaru ini rencananya dimulai usai libur cuti bersama Lebaran 2019.

Untuk memudahkan masyarakat berumur 17 tahun ke bawah yang ingin menerbitkan KIA, namun tidak memiliki waktu yang banyak untuk mendatangi Kantor Disdukcapil, aplikasi ini sangat membantu.

Cukup menyiapkan dokumen, smartphone atau personal computer (PC) dan jaringan internet, proses pendaftaran bisa dilakukan di rumah.

"Cukup buka laman dkpsppu.ddns.net," katanya saat dihubungi, Minggu (9/6/2019).

Dokumen yang harus disiapkan sebelum melakukan proses registrasi adalah menyiapkan salinan digital akta kelahiran anak dan salinan kartu keluarga yang siap diunggah.

Foto anak berusia 5 tahun ke atas yang akan diunggah, untuk yang lahir pada tahun ganjil, menggunakan latar foto berwarna merah dan latar biru untuk kelahiran genap.

Kemudian mengisi data diri anak.

Pengambilan KIA cukup mudah, cukup mendatangi kantor Disdukcapil dan menyebutkan nama anak yang telah didaftarkan pada aplikasi.

"Tidak ada syarat untuk pengambilan, tinggal menyebutkan nama anak dan jika sudah tercetak akan kita kasihkan," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved