Organda Paser Usulkan Terminal di Tanah Grogot jadi Tipe A, Ini Alasannya

Arus mudik dan arus balik Lebaran berakhir, Senin (10/6/2019) besok, namun berkahnya nyaris tak menyentuh sopir angkutan kota (angkot) Tanah Grogot.

Organda Paser Usulkan Terminal di Tanah Grogot jadi Tipe A, Ini Alasannya
TribunKaltim.Co/Sarassani
Sumbar Dwi Praptono, Ketua Organda Paser 

TRIBUNKALTIM.CO,TANA PASER – Arus mudik dan arus balik Lebaran berakhir, Senin (10/6/2019) besok, namun  berkahnya nyaris tak menyentuh sopir angkutan kota (angkot) Tanah Grogot.

Kondisi ini menurut Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Paser Sumbar Dwi Praptono, Minggu (9/6/2019), sudah dirasakan lama  para sopir angkot.

“Selama ini angkot mati segan hidup tak mau. Sudah lama, ada 10 kali Lebaran, mungkin lebih. Itu karena kita hanya mengandalkan penumpang trayek Tanah Grogot-Penajam, ditambah angkutan gelap, semakin sulit kita dapat penumpang,” kata Dwi.

Dwi berharap Dinas Perhubungan (Dishub) Paser menindak tegas angkutan gelap atau mobil plat hitam yang dikomersilkan dengan hanya bermodalkan SIM dan STNK. Setiap kendaraan yang dikomersilkan seharusnya dilengkapi izin operasional.

“Izin operasional itu bisa untuk angkutan umum reguler, travel dan rental mobil. Jadi kalau terjadi apa-apa di jalan, sopir dan penumpang mendapat asuransi.

Itu tidak dimiliki angkutan gelap, illegal dan merusak sistem karena ngetem dan menurunkan penumpang tidak di terminal,” ucapnya.

Tidak itu saja, Dwi juga berharap Dishub Paser memfasilitasi penataan sekaligus penetiban Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) Kaltim-Kalsel, baik itu trayek Tanah Grogot-Amuntai, Tanah Grogot-Batu Licin, Tanah Grogot-Tanjung maupun trayek Tanah Grogot-Banjarmasin.

Trayek AKAP hanya beroperasi di Terminal Type A. Tidak bisa masuk terminal Km 6 Tanah Grogot yang masih berstatus Type B.

Operasional Terminal Type A di bawah kewenangan pemerintah pusat, sehingga Dishub Paser diharapkan bisa memfasilitasi penataan dan penertiban AKAP di Tanah Grogot.

“Terminal Km 6 Tanah Grogot di bawah kewenangan Dishub Kaltim karena melayani trayek Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP). Jadi AKAB tidak bisa masuk di Teminal Km 6, satu-satunya Terminal Type A di Kaltim hanya lah Terminal Batu Ampar Balikpapan,” ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Sarassani
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved