Banjir Samarinda

VIDEO - Sempat Capai Level Waspada 1, Debit Air di Bendungan Benanga Menurun

Intensitas hujan cukup tinggi yang mengguyur Kota Samarinda dalam sebulan terakhir, mengakibatkan debit air di Bendungan Benanga Samarinda meningkat.

VIDEO - Sempat Capai Level Waspada 1, Debit Air di Bendungan Benanga Menurun
TRIBUN KALTIM / CAHYO WICAKSONO PUTRO
Kondisi debit air di Bendungan Benanga, Kelurahan Lempake Samarinda, Jumat (7/6/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Debit air di Bendungan Benanga, Kelurahan Lempake menurun sekitar 15 persen, mengakibatkan warga Perumahan Bengkuring, Kelurahan Sempaja Timur, Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), terdampak banjir.

Intensitas hujan cukup tinggi yang mengguyur Kota Samarinda dalam sebulan terakhir, mengakibatkan debit air di Bendungan Benanga Samarinda meningkat, hingga mencapai 70,5 cm digaris kuning (tanda siaga).

Namun saat ini ketinggian air di Bendungan Benanga tercatat telah turun ke angka 60 cm.

Meski begitu, ketinggian air banjir di kawasan Bengkuring masih tetap meninggi hingga mencapai pinggang orang dewasa.

Menurut Arman Efendi, ST. MT, Kasi Operasional dan Pemeliharaan Balai Wilayah Sungai Kalimantan III menjelaskan, sehari sebelumnya debit air di Bendungan meningkat digaris waspasda, bahkan nyaris mencapai garis merah (tanda siaga 1).

"Iya benar, kemarin debitnya meningkat sampai digaris kuning sekitar 70,5 cm, itu menunjukkan tanda waspada 1.

Dan hampir mencapai garis merah tanda siaga 1," jelas Arman, Jumat (7/6/2019).

Arman juga mengungkapkan, dengan tingginya intensitas hujan di Samarinda dapat membuat debit air di Bendungan meluap pesat.

Dari daya tampung bendungan, Arman menerangkan Bendungan Benanga hanya mampu menahan air hingga 70 persen saja, sehingga air tidak dapat terbendung dengan maksimal, hal itu mengakibatkan 30 persen air yang meluap secara otomatis keluar, dan mengalir deras ke setiap siap sungai di Samarinda.

Sementara itu, Sugioto yang bertugas sebagai penjaga Bendungan Benanga atau juga biasa disebut Bendungan Lempake dari DPU Kaltim membenarkan, sehari sebelumnya, tepatnya pada Lebaran ke-2, debit air meningkat. 

Halaman
123
Penulis: Cahyo Wicaksono Putro
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved