DKP Kaltara akan Benahi Irigasi Tambak di Pulau Sebatik, Siapkan Dana Rp 2 Miliar

Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kalimantan Utara akan merehabilitasi infrastruktur irigasi tambak di Kalimantan Utara.

DKP Kaltara akan Benahi Irigasi Tambak di Pulau Sebatik, Siapkan Dana Rp 2 Miliar
Tribun Kaltim/M Arfan
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalimantan Utara, Amir Bakry. 

TRIBUNKALTIM.CO,TANJUNG SELOR - Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kalimantan Utara akan merehabilitasi infrastruktur irigasi tambak di Kalimantan Utara.

Salah satu lokasi rehabilitasi adalah tambak di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan. DKP menyiapkan anggaran Rp 2 miliar lebih.

Kepala DKP Kalimantan Utara Amir Bakry menjelaskan, rehabilitasi irigasi tambak merupakan salah satu langkah penting untuk keberlangsungan budidaya di tambak masyarakat.

Amir mengatakan, rata-rata saluran irigasi primer tambak di Kalimantan Utara bermasalah, sehingga mempengaruhi produktifitas.

Salah satu hasil produksi tambak di Kaltara. Tahun ini DKP Kaltara akan membenahi tambak terutama irigasi
Salah satu hasil produksi tambak di Kaltara. Tahun ini DKP Kaltara akan membenahi tambak terutama irigasi (TribunKaltim.Co/Muhammad Arfan)

"Tahun ini di Sebatik dulu dan kemudian daerah lainnya menyusul. Ke depan kita juga akan benahi di Bulungan," sebut Amir Bakry kepada Tribunkaltim.co di Lapangan Agatis, Tanjung Selor, Senin (10/6/2019).

Ia menjelaskan kondisi irigasi tambak sudah banyak yang mengalami kerusakan sehingga berpengaruh terhadap kelancaran keluar masuk air ke dalam tambak. Tidak optimalnya saluran irigasi dikhawatirkan terus menggerus produktifitas.

"Insya Allah bulan Agustus mudah-mudahan sudah bisa digarap pengerjannya di lapangan. Kita tunggu proses tender selesai dulu" ujarnya.

Perbaikan saluran irigasi juga diharapkan mempermudah aksesibilitas pengembangan perikanan tangkap di daerah.

Produksi udang windu dari tambak di Kalimantan Utara saat ini mencapai 12 ribu ton per tahun, sedangkan  produksi ikan bandeng mencapai 30 ribu ton per tahun.

"Produktifitas itu masih bisa kita naikkan jika  infrastruktur kita siap. Makanya kita benahi perlahan-lahan," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Samir Paturusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved