Pilpres 2019

Ketua KPU Sebut Tak Ada Sengketa Pemilu di Balikpapan, Thoha: Hanya Bantu Siapkan Alat Bukti

Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha mengatakan tidak ada gugatan terkait sengketa Pemilu 2019 di Balikpapan.

Ketua KPU Sebut Tak Ada Sengketa Pemilu di Balikpapan, Thoha: Hanya Bantu Siapkan Alat Bukti
TRIBUN KALTIM/ Aris Joni
Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Panasnya atmosfer sengketa Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Capres) pada pemilu 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI lebih bersikap hati-hati dalam mempersiapkan alat bukti.

Diketahui, gugatan Pilpres tersebut datang dari paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandi yang tidak menerima hasil penghitungan suara KPU yang memenangkan Paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf.

Namun, apakah gugatan pilpres di pusat tersebut terjadi juga di Kabupaten/kota?

Saat di konfirmasi, Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha menjelaskan, untuk di kota Balikpapan tidak ada sengketa baik DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota, dan DPD.

Sedangkan untuk pilpres ucap dia, gugatannya bersifat nasional, sehingga yang digugat adalah KPU RI, bukan KPU kabupaten/kota.

"Pilpres kan isunya nasional, jadi yang digugat itu pusat, bukan daerah," terangnya.

Dikatakan Thoha, di KPU Kota Balikpapan tidak ada gugatan terkait sengketa pilpres.

Hanya saja, pada Selasa (4/6/2019) lalu, KPU Kota Balikpapan telah menindaklanjuti intruksi dari KPU RI melalui KPU Provinsi Kaltim dengan membuka kotak suara dalam rangka pengumpulan alat bukti yang akan digunakan untuk sengketa pemilu presiden di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Pembukaan kotak suara itu turut disaksikan Tim Paslon Capres 01 dan 02, Bawaslu Kota Balikpapan, Kepolisian dan TNI," terangnya.

Ia menambahkan, KPU Kota Balikpapan turut membuka kotak suara karena dalam gugatannya, paslon capres 02 tidak menyebutkan locus atau spesifik di kabupaten/kota mana.

Halaman
1234
Penulis: Aris Joni
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved