Rizal Effendi: Tak Ada Kriteria Khusus Pendatang di Balikpapan Asal Berniat Baik dan Identitas Jelas

"Tidak ada keriteria khusus yang harus dipenuhi, asalkan mereka (pendatang) punya identitas jelas dan punya niat baik"

Rizal Effendi: Tak Ada Kriteria Khusus Pendatang di Balikpapan Asal Berniat Baik dan Identitas Jelas
Tribunkaltim.co, Zainul
Ilustrasi Ikon kota Balikpapan, Kalimantan Timur yang terpampang di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MT Haryono. 

TRIBUNKALTIM.CO,  BALIKPAPAN - Kota Balikpapan, Kalimantan Timur diprediksi bakal menjadi salah satu kota sasaran pendatang dari luar daerah pasca lebaran Idul Fitri 2019 ini.

Seperti diketahui pasca lebaran tahun-tahun sebelumnya, kota Balikpapan selalu dipadati oleh pendatang dari berbagai daerah yang kebanyakan diantara mereka merupakan para pencari kerja (pencaker).

Ilustrasi Ikon kota Balikpapan, Kalimantan Timur yang terpampang di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MT Haryono.
Ilustrasi Ikon kota Balikpapan, Kalimantan Timur yang terpampang di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MT Haryono. (Tribunkaltim.co, Zainul)

Menyikapi soal ini, Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengaku mempersilahkan saja para pendatang tersebut untuk datang ke kota Balikpapan namun dengan catatan mereka harus mengantongi identitas yang jelas serta memiliki niat yang baik agar tidak memicu angka kriminalitas.

Baca Juga;

Harga Tiket Pesawat Mahal, Musim Lebaran 2019 Okupansi Hotel Menurun, Paling Tajam di Kalimantan

TERPOPULER Soal Dugaan Pungli di Pelabuhan Kelotok, Ini Kata Kadishub PPU

"Tidak ada keriteria khusus yang harus dipenuhi, asalkan mereka (pendatang) punya identitas jelas dan punya niat baik, kalau datang hanya untuk membuat keributan siap-siap saja berurusan dengan hukum yang ada," kata Walikota Balikpapan Rizal Effendi.

Selain itu kata Walikota Balikpapan Rizal Effendi, kota Balikpapan juga merupakan pintu utama bagi pendatang luar daerah untuk berkunjung ke daerah-daerah lainnya yang ada di wilayah Kalimatan Timur, pasalnya Kota Balikpapan merupakan pusat pelabuhan berskala internasional dan bandara internasional.

MENUNGGU BERANGKAT - Ratusan penumpang menunggu kejelasan nasib keberangkatan pesawat tujuan Surabaya di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Kamis (16/7). Lebih dari 2000 penumpang dari tiga maskapai tujuan Surabaya tidak dapat berangkat karena dampak dari letusan Gunung Raung. (TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN)
MENUNGGU BERANGKAT - Ratusan penumpang menunggu kejelasan nasib keberangkatan pesawat tujuan Surabaya di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Kamis (16/7). Lebih dari 2000 penumpang dari tiga maskapai tujuan Surabaya tidak dapat berangkat karena dampak dari letusan Gunung Raung. (TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN) (TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN)

"Balikpapan ini sebagai persinggahan saja, pintu utama kedatangan ada di sini, jadi silahkan saja," lanjut Walikota Balikpapan Rizal Effendi

Disinggung mengenai keberadaan para pendatang luar daerah tersebut berpotensi bakal menambah tingkat pengganguran di kota Balikpapan, walikota dua periode ini mengatakan kota Balikpapan sudah terbiasa dengan adanya pendatang.

Ilustrasi - Arus mudik calon penumpang melalui pelabuhan  Semayang  Balikpapan
Ilustrasi - Arus mudik calon penumpang melalui pelabuhan Semayang Balikpapan (Tribun Kaltim/ Zainul)
Halaman
12
Penulis: Zainul
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved