Sekda Tohar Sebut Banjir di Kecamatan Babulu Murni Faktor Cuaca

ex-officio Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tohar mengatakan, banjir yang melanda wilayah Kecamatan Babulu, murni karena faktor cuaca.

Sekda Tohar Sebut Banjir di Kecamatan Babulu Murni Faktor Cuaca
TribunKaltim.Co/HO/BPBD PPU
Banjir yang merendam Desa Gunung Intan, Kecamatan Babulu pada Sabtu, (8/6/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO,PENAJAM - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang juga  ex-officio Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tohar  mengatakan, banjir yang melanda wilayah Kecamatan Babulu, murni karena faktor cuaca.

Diketahui, air sempat merendam empat desa di Kecamatan Babulu yang mengakibatkan beberapa masyarakat harus dievakuasi.

Curah hujan yang intensitasnya di atas rata-rata, juga didorong dengan faktor pasang  air laut yang juga tinggi, merupakan penyebab utama banjir.

"Hitungan H-2 Lebaran 2019, hingga kemarin, Minggu (9/6/2019) curah hujan memang tinggi, dorongan air laut juga kencang masuk kedalam kanal," katanya, Senin, (10/6/2019).

Ada juga faktor empirik di lapangan, yakni kanal utama primer juga dipenuhi gulma dan sedimentasi yang selama empat tahun tidak dilakukan penanganan.

EVAKUASI-Warga Desa Sumber Sari yang dievakuasi karena kondisi air yang masuk kedalam rumah, Sabtu (8/6/2019)
EVAKUASI-Warga Desa Sumber Sari yang dievakuasi karena kondisi air yang masuk kedalam rumah, Sabtu (8/6/2019) (TribunKaltim.Co/HO/BPBD PPU)

Terkait penaganan bencana, Tohar bersyukur sebab tidak ada korban jiwa. Namun ada beberapa keluarga di Desa Sumber Sari yang sempat mengungsi karena tingginya air.

"Sempat mengungsi di Kantor Desa. Penanganan di tempat pengungsian juga relatif memadai dari makanan, tempat tinggal dan tenaga medis dari kawan-kawan BPBD,

Dinas Kesehatan, Desa Siaga Bencana serta unsur aparatur pemerintah desa juga tanggap," jelasnya.

Tohar juga menginstruksikan kepada BPBD dan pihak terkait untuk terus memantau warga yang tetap bertahan di rumah masing-masing karena tidak mau mengungsi.

Pada saat bersamaan, Tohar menjelaskan pihaknya juga melakukan tindakan-tindakan konkret untuk mereduksi genangan-genangan air yang cukup tinggi, baik genangan yang berada di permukiman maupun di persawahan.

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved