Arus Balik Lebaran 2019

H+6 Arus Balik di Pelabuhan Semayang Balikpapan Capai 4.114 Orang, Puncaknya Diprediksi 16 Juni 2019

H+6 Lebaran Idul Fitri tahun 2019, arus balik penumpang melalui Pelabuhan Semayang Balikpapan mengalami peningkatan siginifikan dibanding sebelumnya

H+6 Arus Balik di Pelabuhan Semayang Balikpapan Capai 4.114 Orang, Puncaknya Diprediksi 16 Juni 2019
Tribun Kaltim/ Zainul
Penumpang arus balik libur lebaran tahun 2019 di Pelabuhan Semayang Balikpapan 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - H+6 Lebaran Idul Fitri tahun 2019, arus balik penumpang melalui Pelabuhan Semayang Balikpapan mengalami peningkatan siginifikan dibanding penumpang arus balik pada H+4 libur lebaran tahun ini.

Berdasarkan catatan posko angkutan lebaran di pelabuhan Semayang Balikpapan, jumlah penumpang yang masuk di kota Balikpapan pada H+5 hingga H+6 lebaran tahun ini mencapai 4.114 orang dan rata-rata berasal dari pulau Sulawesi dan NTB.

Kepala Pelni Balipapan, Yohanes Bane mengatakan jumlah penumpang yang tercatat pada H+5 dan H+6 tersebut tidak semuanya bertujuan di kota Balikpapan tetapi ada juga yang ke kota lainnya seperti Samarinda, Penajam, dan daerah lain di Kalimatan Timur.

"Tidak semuanya berkunjung di Balikpapan, di sini sebagai persinggahan untuk translit saja mereka sebagian akan ke Tenggarong, Samarinda, Penajam, dll," katanya.

Yohanes Banne, kepala PT Pelni Cabang Balikpapan
Yohanes Banne, kepala PT Pelni Cabang Balikpapan (Tribun Kaltim/ Zainul)

Sementara itu jumlah penumpang pada H+3 hingga H+4 Lebaran tahun ini di pelabuhan Semayang Balikpapan mencapai 3.412 orang dan rata-rata berasal dari Makassar, palu, dan Toli-Toli.

"Jumlah keberangkatan dan kedatangan lebih dominan keberangkatan karena banyak penumpang yang menggunakan kapal feri terutama tujuan Surabaya," ujar Yohanes

Yohanes Banne juga memprediksi puncak lonjakan penumpang arus balik melalui pelabuhan Semayang Balikpapan pada libur lebaran tahun 2019 ini akan terjadi sehingga pada tanggal 16 Juni nanti dengan dua kapal dari Pulau Jawa dan dua kapal dari Pulau Sulawesi.

Arus Balik di Bandara SAMS Sepinggan Diprediksi H+9

Sementara itu puncak arus balik penumpang mudik Lebaran 2019 melalui Bandara Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan diprediksi terjadi pada H + 9 lebaran.

General Manager (GM) Angkasa Pura 1 Balikpapan Farid Indra Nugraha mengatakan untuk sementara bandara Sams Sepinggan Balikpapan belum melakukan penambahan Extra Flight di beberapa maskapai penerbangan.

Halaman
12
Penulis: Zainul
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved