Tahapan Dimulai September 2019, KPU Kaltara sudah Ajukan Anggaran untuk Pilkada 2020

Tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara tak lama lagi akan bergulir, kurang lebih dua bulan ke depan.

Tahapan Dimulai September 2019, KPU Kaltara sudah Ajukan Anggaran untuk Pilkada 2020
TribunKaltim.Co/Muhammad Arfan
Komisioner KPU Kaltara Divisi Teknis Penyelenggaraan Teguh Dwi Subagyo (kanan) dan Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Hariyadi Hamid berfoto bersama usai keluar dari Kantor Kesbangpol Kaltara di Jalan Bhayangkara, Selasa (11/6/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO,TANJUNG SELOR - Tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara tak lama lagi akan bergulir, kurang lebih dua bulan ke depan.

Pesta demokrasi pemungutan suara untuk menentukan pemimpin provinsi termuda di tanah air ini akan terselenggara pada bulan September tahun 2020.

Setahun sebelum jadwal tersebut atau September 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia sudah akan meluncurkan tahapan pemungutan suara serentak 2020.

Komisioner KPU Kalimantan Utara Divisi Teknis Penyelenggaraan Teguh Dwi Subagyo mewakili Ketua KPU Kalimantan Utara Suryanata Al Islami, menjelaskan, saat ini KPU RI tengah merancang Peraturan KPU (PKPU) tentang Jadwal dan Tahapan Pemilihan Kepala Daerah.

"KPU RI kemungkinan akan me-launching satu tahun sebelumnya, berarti September 2019. Selanjutnya KPU Provinsi dan kabupaten/kota tentu akan melakukan langkah-langkah tahapan sosialisasi dan launching skala terbatas.

Tetapi yang jelas kita tunggu launching tahapan dari KPU RI," kata Teguh saat ditemui Tribunkaltim.co di Jalan Bhayangkara, Tanjung Selor, Selasa (11/6/2019).

Dua pasang kandidat calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Utara bergandengan tangan di Gedung Wanita Bulungan, 25 Agustus 2015 saat akan mencabut nomor urut dalam tahapan Pilgub Kalimantan Utara Tahun 2015.
Dua pasang kandidat calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Utara bergandengan tangan di Gedung Wanita Bulungan, 25 Agustus 2015 saat akan mencabut nomor urut dalam tahapan Pilgub Kalimantan Utara Tahun 2015. (TribunKaltim.Co/Muhammad Arfan)

Sesuai Pasal 201 ayat (6) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 menyatakan bahwa 'Pemungutan suara serentak Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota hasil pemilihan tahun 2015 dilaksanakan pada bulan September 2020.

"Tanggalnya belum diketahui  karena tidak disebutkan dalam pasal tersebut. Yang jelas kemungkinan tahapan akan di-launching satu tahun sebelum pemungutan suara," ujarnya.

Berkaitan kurang lebih 3 bulan jadwal dan tahapan pemilihan kepala daerah serentak 2020, KPU Kalimantan Utara tengah mengintensifkan koordinasi pengajuan anggaran pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

"Sesuai dengan tahapannya dan memang menjadi kewajiban yang tertuang dalam undang-undang, kewajiban pemerintah daerah untuk menyediakan anggaran," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved