Usai Lebaran 2019, Pendatang di Kota Balikpapan Diprediksi Mencapai 1.900 Jiwa

Rata-rata normal warga pendatang mencapai 1.000 sampai 1.500 orang perbulan. Prediksi pertambahan pendatang pasca Lebaran bisa menyentuh 1.900 orang

Usai Lebaran 2019, Pendatang di Kota Balikpapan Diprediksi Mencapai 1.900 Jiwa
Ilustrasi/dok Tribun Kaltim
Ribuan warga dan pendatang yang masuk ke Kota Balikpapan menggunakan kapal melalui Pelabuhan Semayang Balikpapan 

TRIBUNKALTIM.CO,  BALIKPAPAN - Seperti tahun-tahun sebelumnya, usai Lebaran Idul Fitri para pendatang di Kota Balikpapan meningkat. Dari pantauan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan pendatang yang masuk ke kota minyak menambah jumlah penduduk hingga 649.806 jiwa, Selasa (11/6/2019).

Peningkatan pendatang ini diperkirakan mencapai 15 sampai 20 persen pasca Lebaran 2019 ini.

Diharapkan setiap pendatang yang masuk ke kota Balikpapan harus membawa surat pindah serta mengurus administrasi atau mendaftarkan dirinya di kantor catatan sipil.

"Setiap pendatang seharusnya mendaftarkan diri untuk menjadi penduduk di Kota Balikpapan. Begitu sebaliknya, warga yang pindah juga harus mendaftarkan dirinya. Jangan sampai penduduk yang pindah ke Balikpapan administrasi kependudukan masih dari daerah asalnya," kata Plt Kepala Disdukcapil Hasbullah Helmi

Plt Kepala Disdukcapil Hasbullah Helmi mengatakan, pendatang yang pindah tapi administrasi kependudukannya masih belum menjadi warga Balikpapan akan bermasalah dikemudian harinya.

"Sebab ketika pendatang itu sakit, tidak bisa mengurus BPJS Kesehatan setempat," kata Plt Kepala Disdukcapil Hasbullah Helmi.

Plt Kepala Disdukcapil Hasbullah Helmi mencontohkan, seperti korban luka bakar beberapa waktu lalu, di hari pertama Idul Fitri kemarin terjadi kebakaran, dan memakan korban.

Rupanya korban bukan warga Balikpapan dan tidak menjadi peserta BPJS Kesehatan.

"Nah, Kasus seperti ini sering terjadi, itu yang kami hindari," jelas Plt Kepala Disdukcapil Hasbullah Helmi.

Plt Kepala Disdukcapil Hasbullah Helmi pun mengimbau, kepada semua pendatang yang baru atau pun warga yang sudah menetap agar mengurus KTP Elektronik, sehingga berdomisili di Balikpapan.

Halaman
123
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved