100 Ha Tanaman Padi Terendam di Jemparing, Hanya 25 Ha Terancam Gagal Panen

Sejumlah instansi terkait di lingkungan Pemkab Paser telah meninjau lahan pertanian yang terkena dampak banjir di Desa Jemparing Kecamatan Long Ikis.

100 Ha Tanaman Padi Terendam di Jemparing, Hanya 25 Ha  Terancam Gagal Panen
TribunKaltim.Co/HO/Pemkab Paser
Kunjungan instansi terkait Pemkab Paser di lokasi lahan pertanian yang terdampak banjir di Desa Jemparing Kecamatan Long Ikis, Selasa (11/6/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO,TANA PASER – Sejumlah instansi terkait di lingkungan Pemkab Paser telah meninjau lahan pertanian yang terkena dampak banjir di Desa Jemparing Kecamatan Long Ikis.

Seperti Dinas Pertanian (Distan) Paser, Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Bina Ekonomi I Setda Paser, Balai Penyuluhan Pertanian Long Ikis dan beberapa penyuluh pertanian.

“Kunjungan sudah kami lakukan kemarin (Selasa,11/6/2019) untuk melihat lahan pertanian yang terkena dampak banjir , tidak semua lahan terendam,” kata Kepala Distan Paser, Karoding, Rabu (12/6/2019).

Karoding mengatakan terdapat 100 hektar lahan yang terendam banjir. Lahan tersebut dikelola 4 kelompok tani, masing-masing kelompok mengelola 25 hektar lahan pertanian.

Dari 100 hektar itu, hanya 25 hektar yang tinggal menunggu masa panen, selebihnya padi yang sedang ditanam, sehingga hanya 25 hektar lahan yang terancam gagal dipanen.

Sementara itu, Kabid Holtikultura Distan Paser M Yusuf menambahkan selain lahan pertanian padi, terdapat 10 hektar lahan jagung, tapi yang terdampak banjir hanya 1 hektar.

Banjir yang melanda Desa Jemparing beberapa hari lalu menurut Yusuf, tidak terlalu merusak lahan pertanian warga.

“Banjirnya lewat saja, termasuk untuk lahan yang ditanami semangka, ada 2 hektare. Itu tidak terlalu berpengaruh. Saat ini banjir sudah surut,” kata Yusuf.

Distan, tambah Yusuf, tahun ini telah merencanakan pemberian bibit padi kepada petani, salah satunya untuk petani yang terdampak banjir di Desa Jemparing.

“Memang sudah ada paket bantuan bibit padi dari APBN, termasuk kepada petani yang terkena dampak banjir di Jemparing itu,” tambahnya. (*)

Halaman
12
Penulis: Sarassani
Editor: samir paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved