Mungkinkah Wakil Bupati Dilantik Jadi Anggota DPRD? Ini Tanggapan Ketua KPU Paser

"Ini sudah kita konsultasikan ke KPU Provinsi dan KPU pusat, tapi belum ada jawaban. Bagaimana melantik dia sebagai anggota DPRD, sementara dia Wabup"

Mungkinkah Wakil Bupati Dilantik Jadi Anggota DPRD? Ini Tanggapan Ketua KPU Paser
Dok Abdul Qayyim Rasyid
Ketua KPU Paser Abduk Qayyim Rasyid 

TRIBUNKALTIM.CO,  TANA PASER - Ketua DPRD Kabupaten Paser H Kaharuddin dalam proses memangku jabatan Wakil Bupati Paser, menggantikan posisi yang ditinggalkan almarhum Wakil Bupati HM Mardikansyah yang meninggal dunia karena sakit tanggal 30 Januari 2019.

Proses Pergantian Antar Waktu (PAW) jabatan Wakil Bupati Paser diperkirakan rampung di bulan Juni 2019, H Kaharuddin akan memangku jabatan Wakil Bupati Paser.

Apakah posisi H Kaharuddin sebagai Anggota DPRD Paser bisa digantikan caleg Partai Golkar Daerah Pemilihan (Dapil) Long Kali dan Long Ikis pada Pileg 2014?

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Paser Abdul Qayyim Rasyid, Rabu (12/6/2019), mengatakan sisa masa jabatan Anggota DPRD Paser periode 2014-2019 tidak memungkinkan melakukan proses PAW anggota DPRD Paser.

Baca Juga:

Pekan Depan, Terdakwa Kasus RPU Balikpapan Andi Walinono akan Jalani Sidang Tuntutan

Setelah Ditendang hingga Jatuh Bersama Motornya, Pelaku Pukul Kepala Korban dengan Besi Hingga Tewas

"Posisi H Kaharuddin sekarang ketua merangkap anggota DPRD Paser hasil Pileg 2014. Pemilihan unsur pimpinan seperti ketua dan wakil ranahnya DPRD Paser.

Bulan Agustus nanti masa jabatan anggota DPRD Paser periode 2014-2019 berakhir, sedangkan proses PAW minimal 6 bulan sebelum masa jabatan Anggota DPRD sekarang berakhir, jadi tak memungkinkan lagi untuk mengusulkan pengganti beliau," kata Abdul Qayyim Rasyid.

Untuk diketahui pula, hasil rekapitulasi perhitungan suara di Dapil III Paser pada Pileg 2019, H Kaharuddin lolos sebagai caleg terpilih dan akan dilantik di bulan Agustus 2019.

Halaman
12
Penulis: Sarassani
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved