Dunia Satwa

Nyaris Saja Tewas, 2 Beruang Madu Ini Terjerat Ranjau Babi, Kini Begini Kondisi Sang Beruang Madu

Keberadaan Beruang Madu di Aceh nyaris terancam terbunuh, ada dua Beruang Madu terjerat jebakan tangkapan babi. Kini Beruang Madu ini terselamatkan.

Nyaris Saja Tewas, 2 Beruang Madu Ini Terjerat Ranjau Babi, Kini Begini Kondisi Sang Beruang Madu
Tribunkaltim.co/Martinus Wikan
ILUSTRASI - Beruang Madu yang berada di enklosur Beruang Madu di Kawasan Pendidikan Wisata Lingkungan Hidup (KWPLH) Balikpapan, Kalimantan Timur. Keberadaan Beruang Madu di Aceh nyaris terancam terbunuh, ada dua Beruang Madu terjerat jebakan tangkapan babi. Kini Beruang Madu ini terselamatkan. 

TRIBUNKALTIM.CO, MEDAN - Binatang Beruang Madu bisa dikatakan sebagai satwa yang langka dan Beruang Madu itu binatang yang dilindungi, tidak boleh diburu apalagi diperjual belikan. 

Sebab binatang yang dilindungi maka Beruang Madu pun mendapat perlindungan hukum, bagi siapa saja yang mencoba berburu atau sampai membunuh Beruang Madu maka akan dikenakan hukuman pidana. 

Di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur sebagai upaya melestarian Beruang Madu maka daerah Balikpapan menjadian Beruang Madu sebagai ikon Kota Balikpapan

Nah, cukup menyedihkan di Aceh, Beruang Madu ini terancam mati, terjerat perangkap ranjau binantang di hutan. 

Ada dua ekor Beruang Madu (Helarctos malayanus) ditemukan warga terperangkap di Desa Ladang Neubok, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya, Selasa (11/6/2019) kemarin.

Informasi yang diperoleh bahwa petugas Seksi Pengelolaan Taman Nasional Gunung Leuser Wilayah I Blangpidie menerima laporan masyarakat terkait temuan hewan liar tersebut.

Enclosure Beruang Madu di KWPLH Km 23 Balikpapan, Kalimantan Timur.
Enclosure Beruang Madu di KWPLH Km 23 Balikpapan, Kalimantan Timur. (tribunkaltim.co/djohan nur)

Saat itu Bashir pulang dari kebun pada Selasa (11/6/2019) sekitar pukul 10.00 WIB melihat ada dua ekor Beruang Madu dalam kondisi terperangkap.

Kepala BPTN Wilayah I Tapaktuan, Agung Widodo mengatakan bahwa informasi terperangkapnya dua satwa liar diterima petugas TNGL dan BKPH wilayah Blangpidie.

Kemudian dari informasi tersebut, petugas langsung ke lokasi tempat terperangkapnya dua ekor Beruang Madu itu.

"Petugas yang mendapat informasi itu langsung ke lokasi dan tepat pada pukul 11.30 WIB petugas melihat dua ekor Beruang Madu masih terperangkap dan petugas juga langsung meminta bantuan BKSDA Aceh, tim WCS-IP dan YOSL-OIC untuk melakukan evakuasi," kata Agung, Rabu (12/6/2019).

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved